Kamis 25 Jan 2024 13:54 WIB

Lima KKB Dilaporkan Tewas, Intan Jaya Waspada Serangan Separatisme Bersenjata

Masyarakat diminta untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Teguh Firmansyah
Personel Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang beroperasi di Papua.
Foto: Istimewa
Personel Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang beroperasi di Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Pihak keamanan Indonesia meningkatkan status kerawanan di wilayah Sugapa, Intan Jaya, Papua Tengah menjadi waspada. Kepala Satgas Operasi Damai Cartenz Komisaris Besar (Kombes) Faizal Ramadhani mengatakan agar masyarakat di wilayah tersebut meminimalisasi kegiatan di luar rumah selama kerawanan yang masih tinggi.

Status waspada tersebut menyusul sejumlah peristiwa kontak tembak antara pasukan gabungan TNI-Polri dengan kelompok separatisme bersenjata Papua Merdeka.

Baca Juga

“Saat ini situasi di Sugapa, Intan Jaya rawan, tetapi masih terkendali. Kami imbau masyarakat waspada,” kata Kombes Faizal dalam siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, Kamis (25/1/2024).
 
Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno juga mengabarkan, dari rangkaian kontak tembak pasukan TNI-Polri dan separatisme bersenjata Papua Merdeka di Intan Jaya sejak 19 Januari 2024, pada Kamis (25/1/2024) kembali mengidentifikasi satu korban tewas dari pihak pemberontak.
 
“Satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali teridentifikasi tewas atas nama Harisatu Nambagani,” kata AKBP Bayu.
 
Kepastian satu separatis yang tewas tersebut, setelah pihak keamanan mendapati kabar melalui unggahan media sosial (medsos) milik Obet Japugau. Obet, kata AKBP Bayu diketahui sebagai penanggungjawab gerombolan separatisme bersenjata Kodap VII di Intan Jaya. Satu tewas anggota separatisme itu diduga saat satuan khusus Polri melakukan kontak tembak di Kampung Tigamaligi, di Sugapa, pada Selasa (23/1/2024) lalu.
 
Kontak tembak saat itu, kata AKBP Bayu juga tercatat membawa gugur satu personel Operasi Damai Cartenz. Sementara dari semua rangkaian kontak tembak di berbagai wilayah perkampungan di Sugapa, Intan Jaya, sejak 19 Januari 2024 sampai Selasa (23/1/2024) pihak TNI-Polri mengeklaim menewaskan lima separatisme.
 
Tiga separtisme tewas dalam kontak tembak pada Sabtu (20/1/2024), di Pos Militer 330/TTD atas nama Oni Kobagu, Jaringan Belau, dan Agustia. Dan pada Selasa (23/1/2024) operasi gabungan TNI-Polri juga menembak mati dua separatis atas nama Ones, dan Melkias Maisani.
 
Sementara Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom dalam siaran pers resmi yang diterima Republika, Rabu (24/1/2024) menyampaikan, kontak tembak kelompoknya dengan TNI-Polri di Intan Jaya, terjadi di beberapa perkampungan sejak 19 Januari 2024. Namun dalam rangkaian kontak senjata itu, Sebby menegaskan tak ada korban jiwa dari pihaknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement