Selasa 23 Jan 2024 12:38 WIB

Ucap Selamat Ulang Tahun untuk Megawati, Anies: Pribadi yang Konsisten Menjaga Demokrasi

Megawati Soekarnoputri hari ini berulang tahun ke-77.

Rep: Eva Rianti / Red: Andri Saubani
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat berkampanye akbar di GOR Parung, Bogor, Jawa Barat, Senin (22/1/2024).
Foto: Republika/Eva Rianti
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat berkampanye akbar di GOR Parung, Bogor, Jawa Barat, Senin (22/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyampaikan selamat hari ulang tahun (HUT) kepada Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang memasuki usia ke-77 tahun pada Selasa (23/1/2024). Anies menyampaikan doa dan harapan agar Megawati selalu konsisten menjaga demokrasi. 

"Izinkan kami menyampaikan selamat ulang tahun untuk Ibu Megawati, semoga Bu Mega selalu sehat, dipanjangkan umurnya selalu dalam kebahagiaan, keberkahan, dan terus menjadi tiang kokoh tegar dalam menjaga konstitusi dan demokrasi kita," kata Anies kepada wartawan saat hendak melakukan kegiatan kampanye akbar di Yogyakarta, dikutip dari Jakarta, Selasa.  

Baca Juga

Anies mengungkapkan bahwa Megawati merupakan pribadi yang konsisten dalam menjaga demokrasi. Hal itu terlihat dari rekam jejaknya di pemerintahan yang menunjukkan sikap hormat pada aturan dan konstitusi.

"Ketika bertugas sebagai presiden beliau menjalankan pemilu dengan netral. Bahkan sebagai presiden, di dalam pemilu itu beliau bukan jadi pemenang," ujar eks Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu. 

Lalu, lanjut Anies, ketika tidak menang di Pilpres, Megawati berada di luar pemerintahan alias di posisi oposisi dijalaninya dengan tabah. Sampai kemudian kembali ke pemerintahan lagi. 

"Dan ketika sudah di pemerintahan lagi ada iming-iming, iming-iming apa? Perpanjangan, enggak bergeming. Jadi menurut saya, di hari ultah ini kita bisa ambil pelajaran dari Ibu Mega sebagai orang yang menjaga konstitusi, menjaga demokrasi, semoga panjang umur sehat selalu," ungkapnya.

Diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merayakan hari ulang tahun ke-77 pada Selasa (23/1/2024). Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan ulang tahun Presiden ke-5 RI itu dirayakan secara sederhana dengan dihadiri oleh orang-orang terdekatnya saja.

"Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, ulang tahun Ibu Megawati diadakan secara sederhana, dan dihadiri oleh keluarga dan sahabat dekat beliau,” kata Hasto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan seluruh kader PDIP di berbagai daerah juga merayakan ulang tahun Megawati dengan kegiatan kebudayaan. Para koleganya juga akan membagikan tumpeng untuk masyarakat hingga melakukan penanaman pohon.

Di beberapa wilayah dilakukan penghijauan sebagai bagian merawat pertiwi yang menjadi tradisi keseharian Ibu Megawati yang dikenal suka tanaman dan selalu merawat lingkungan hidup termasuk menjadi Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia," ujarnya.

Tak hanya itu, Hasto mengaku para kader juga mengirim banyak video ucapan ulang tahun ke Megawati melalui dirinya. Adapun berbagai video ucapan itu akan ditayangkan dalam kanal YouTube Badan Kebudayaan Partai.

Hasto pun mengingatkan peran Megawati dalam menjaga demokrasi Indonesia. Dia menyinggung soal isu perpanjangan masa jabatan 3 periode yang sempat digaungkan oleh orang-orang dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hasto mengklaim Megawati berani menolak permintaan perpanjangan masa jabatan itu meski membawa konsekuensi dalam ajang Pemilu 2024. Dia ingin ketokohan Megawati dalam menjaga amanat konstitusi harus dijadikan contoh.

"Dengan meneladani perjuangan beliau, maka berbagai intimidasi yang terjadi saat ini, justru menjadi pupuk semangat untuk semakin kokoh di dalam mewujudkan kedaulatan rakyat sebagai hukum tertinggi di dalam menentukan pemimpin," tutup Hasto.

 

photo
Laporan Harta Kekayaan Megawati Soekarnoputri - (Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement