Senin 22 Jan 2024 18:14 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Buka Rute Penerbangan Baru pada Awal 2024

Per 21 Januari 2024, terdapat lima bandara AP II yang membuka rute penerbangan baru.

Calon penumpang berjalan di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten. PT AP II (Persero) membuka rute penerbangan baru pada awal 2024.
Foto: Republika/Prayogi
Calon penumpang berjalan di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten. PT AP II (Persero) membuka rute penerbangan baru pada awal 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, membuka rute penerbangan baru pada awal 2024. Ini dilakukan sebagai momentum menjaga pertumbuhan lalu lintas penerbangan pascapandemi Covid-19.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda mengatakan pembukaan rute baru akan semakin mendorong pemulihan lalu lintas penerbangan rute internasional. "Sebagai bandara tersibuk di Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta berupaya untuk terus meningkatkan kontribusi dalam mengakselerasi pertumbuhan pariwisata dan perekonomian nasional melalui konektivitas penerbangan," katanya.

Baca Juga

Ia menyebutkan, penambahan rute baru di Bandara Soetta itu yakni Jakarta - Kota Kinabalu (Malaysia) yang akan dibuka mulai 6 Februari 2024 oleh Indonesia AirAsia. Kemudian, rute Jakarta - Nanning (China) oleh Sichuan Airlines pada Januari/Februari 2024. "Dua rute baru ini akan semakin mendorong pemulihan lalu lintas penerbangan internasional," kata dia.

SVP of Corporate Secretary AP II Deni Krisnowibowo mengatakan, upaya pembukaan rute-rute baru tersebut untuk mempermudah akses penerbangan bagi masyarakat, serta meningkatkan kontribusi terhadap sektor pariwisata dan perekonomian nasional. "Sejak awal tahun, bandara-bandara AP II membuka rute-rute baru. Kami berharap ini semakin memudahkan perjalanan udara masyarakat baik untuk pariwisata atau perjalanan bisnis," katanya.

 

Berdasarkan data per 21 Januari 2024, terdapat lima bandara AP II yang membuka rute penerbangan baru dengan berkolaborasi bersama maskapai dan ground handling serta didukung penuh Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, dan InJourney Holding setempat. "AP II berkolaborasi dengan maskapai dan ground handling serta didukung penuh Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan dan InJourney Holding dalam membuka rute-rute baru," ujarnya.

Bandara yang membuka rute terbaru itu di antaranya Bandara Kualanamu dengan rute Medan - Doha (Qatar) mulai 15 Januari 2024. Rute ini dioperasikan Qatar Airways sebanyak tiga kali seminggu menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) Boeing 787 atau dikenal juga dengan Dreamliner. Bandara Kualanamu  dikelola oleh PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) yang merupakan bagian dari AP II.

Kemudian, Bandara Radin Inten II membuka konektivitas Lampung - Denpasar yang dilayani oleh maskapai Indonesia AirAsia mulai 17 Januari 2024 dengan frekuensi empat kali sepekan. "Kami berharap rute antara dua destinasi wisata ini yakni Lampung - Denpasar akan semakin menggairahkan pariwisata nasional," ujarnya.

Selanjutnya, Bandara Minangkabau yang bekerja sama maskapai Lion Air membuka rute Padang - Surabaya mulai 18 Januari 2024, Super Air Jet membuka rute penerbangan Padang - Medan mulai 24 Januari 2024. Terakhir Bandara Sultan Syarif Kasim II yang bekerja sama dengan maskapai Lion Air membuka rute penerbangan Pekanbaru - Surabaya mulai 13 Januari 2024.

Sementara itu untuk bandara-bandara AP II lainnya juga akan membuka rute-rute baru, serta menambah frekuensi penerbangan di rute eksisting untuk semakin mempermudah akses penerbangan bagi masyarakat. "Rute-rute baru lainnya di bandara AP II akan kami informasikan secara berkala. Kami berharap bandara AP II pada tahun ini dapat meningkatkan kontribusi pada sektor pariwisata dan perekonomian nasional," kata Deni Krisnowibowo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement