Kamis 18 Jan 2024 23:28 WIB

Kota Bogor Wakili Indonesia di ASEAN Smoke Free Award

Kota Bogor kembali bersaing dengan kota-kota lainnya se-ASEAN.

Anggota pecinta alam memanjat Tugu Kujang untuk dibersihkan di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (20/6/2022).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Anggota pecinta alam memanjat Tugu Kujang untuk dibersihkan di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (20/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BOGOR -- Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, terpilih mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN Smoke Free Award (ASA) setelah menyisihkan 11 kota/kabupaten/provinsi yang menjadi kandidat.

Sekretaris Daerah Kota Bogor Syarifah Sofiah di Bogor, Kamis (18/1/2024), menjelaskan bahwa di ajang ASA ini Kota Bogor kembali bersaing dengan kota-kota lainnya se-ASEAN.

Baca Juga

"Kami mempersiapkan semaksimal mungkin untuk penilaian ASA ini," ujarnya.

Ia menerangkan, proses penilaian dari ASA yaitu dengan melakukan peninjauan langsung ke 40 lokasi yang terdiri atas kantor pemerintah, hotel, restoran, kafe dan tempat umum.

"Kami yang memilih untuk sampling 40 lokasi yang akan dikunjungi tim SEATCA (Southeast Asia Tobacco Control Alliance)," kata Syarifah.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan, ajang ASA merupakan pemberian penghargaan kepada kabupaten/kota/provinsi yang telah menerapkan kawasan tanpa rokok (KTR) di tingkat regional dengan tujuan menjadi "best practice" kota bebas asap rokok yang diakui ASEAN.

Sebelum penilaian dari SEATCA (penilai ASA) pada 19 Januari, akan lebih dahulu dilakukan zoom meeting untuk menyamakan persepsi terkait dokumen yang telah dikirim dan indikator penilaian.

"Dengan menjadi wakil Indonesia di ajang ASA ini tentu akan semakin menguatkan dan mengoptimalkan penerapan KTR di Kota Bogor," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement