Rabu 17 Jan 2024 16:51 WIB

Jokowi Optimistis Upacara HUT Ke-79 RI Berlangsung di IKN

Insya Allah di 17 Agustus 2024, kita akan bisa melakukan upacara kemerdekaan di IKN.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Memorial Park Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024).
Foto: Dessy Suciati Saputri/Republika
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Memorial Park Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis penyelenggaraan upacara peringatan kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia bisa digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024. Hal itu disampaikan Jokowi usai melakukan peninjauan dan peletakan batu pertama sejumlah infrastruktur.

"Saya optimistis insya Allah di 17 Agustus 2024 kita akan bisa melakukan upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara," ujar Jokowi, dikutip dari siaran pers Istana di Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Jokowi menyebut, perkembangan pembangunan IKN terus menunjukkan hasil yang baik yang ditandai semakin banyaknya investasi masuk ke IKN. Salah satunya yakni Hotel Jambuluwuk Nusantara yang telah dimulai proses pembangunannya hari ini.

"Tadi kita telah melakukan peletakan batu pertama Hotel Jambuluwuk, hotel dan resort ini. Ini adalah hotel dan resort yang keenam dan kita harapkan semuanya bisa segera memulai dan menyelesaikan pembangunannya secepat-cepatnya," ucapnya.

Selain itu, Jokowi juga menyambut baik pembangunan logistik hub oleh PT Pos Indonesia bekerja sama dengan PT Bina Karya. Menurut dia, hal itu akan melengkapi fasilitas dan infrastruktur yang belum ada di IKN. "Artinya, urusan logistik sekarang sudah ada yang menanganinya yaitu Pos Indonesia dan Bina Karya," ungkapnya.

"Tambahan-tambahan yang belum ada saya kira akan menambah fasilitas, menambah akomodasi bagi tamu-tamu yang akan berkunjung ke Ibu Kota Nusantara," ujar Jokowi melanjutkan.

Jokowi menyebut, ke depannya akan ada delapan hingga 10 proyek yang setiap bulannya akan dilakukan peletakan batu pertama. Dia mengeklaim, banyak investor yang antre untuk membangun di IKN.

"Sebetulnya memang yang antre banyak tapi perlu juga diverifikasi, perlu disaring sesuai dengan kebutuhan yang ada di Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement