Senin 01 Jan 2024 14:22 WIB

Pelaku UMKM Jayapura Didorong Optimalisasi Medsos Jadi Sarana Bisnis

Facebook, Tik Tok, Instagram, dan Twitter sebaiknya tak hanya untuk main-main.

Mesin pengolah sagu bagi petani tebu di lahan sagu Kampung Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.
Foto: Dok. Web
Mesin pengolah sagu bagi petani tebu di lahan sagu Kampung Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, SENTANI -- Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Papua, Triwarno Purnomo mengimbau pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) daerah setempat memanfaatkan media sosial (medsos) sebagai sarana bisnis termasuk untuk mendukung penjualan produk. “Saya berharap pada 2024 ini pelaku UMKM khususnya orang asli Papua (OAP) bisa lebih manfaatkan jejaring sosial medsos untuk berjualan produknya,” kata Triwarno di Sentani, Senin (1/1/2024).

Pj Bupati meminta medsos, seperti Facebook, Tik Tok, Instagram, Twitter dan lain-lain, tidak hanya digunakan untuk bermain atau bersenang-senang. “Sarana medsos bisa digunakan untuk berbisnis atau menjual produk apa saja untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga

Triwarno menyebutkan rata-rata masyarakat di Kabupaten Jayapura sudah banyak bermain Medsos, dan ini kesempatan market atau pasar untuk menawarkan produk UMKM. “Kita jangan tertinggal dengan saudara-saudara di luar sana, tetapi marilah bersaing dengan sehat dengan memanfaatkan teknologi,” katanya.

Dia menambahkan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura siap memberikan dukungan untuk pelaku UMKM OAP bisa mengembangkan usahanya melalui medsos. “Sosialisasi dan pelatihan sudah dilakukan tahun lalu, dan 2024 kegiatan serupa harus diperbanyak sehingga OAP yang menggunakan Medsos sebagai market lebih banyak lagi,” ujar Triwarno.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement