Ahad 31 Dec 2023 08:29 WIB

Pertama di Indonesia, Dosen Muhammadiyah Berhasil Ciptakan Obat Diabetes Alami

Penelitian ini bertujuan membuktikan efektivitas ekstrak daun kembang bulan.

Alat pendeteksi kadar gula darah (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Alat pendeteksi kadar gula darah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kerap menjadi langganan penyakit mematikan di Indonesia, Diabetes Millitus (DM) tidak pernah memandang penderitanya dari segi umur maupun latar belakang sosial ekonomi. Pemicu utama dari penyakit yang populer ini adalah gaya hidup dan pola makan tidak sehat.

Melihat fenomena ini, dosen Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Prof. Eko Susetyarini melakukan upaya ekplorasi potensi ekstrak daun kembang bulan (Tithonia diversifolia) sebagai alternatif pengobatan.

Baca Juga

Eko mencoba menggali kemungkinan potensial tanaman obat lokal dikarenakan biaya pengobatan diabetes secara medis yang begitu mahal serta memiliki pemicu efek samping akibat pengobatan konvensional. Dibalik itu, minat dan daya tarik masyarakat untuk kembali pada pengobatan secara alami serta gaya hidup back to nature membuat permintaan tanaman obat pun menjadi tinggi bukan hanya di Indonesia melainkan hingga seluruh dunia.

Saat ini tanaman obat di Indonedia masih sangat terbatas terutama bahan-bahan utama sebagai jamu. Hal ini tentu tidak cukup jika bahan tidak terkumpul secara utuh karena tidak masuk dalam obat herbal terstandar (OHT) maupun fitofarmaka. OHT artinya obat berbahan alami yang terbukti khasiat dan keamanan pengkonsumsiannya.

"Seandainya pengembangan potensial tanaman obat ini berhasil, maka nilai jualnya pun akan berhasil," ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers, Jumat (29/12/2023).

Secara mendetil, penelitian ini bertujuan membuktikan efektivitas ekstrak daun kembang bulan yang dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan melakukan uji coba pada tikus Wistar (Rattus norvegius). Dalam penyajiannya telah teruji dengan indikasi bahwa daun kembang bulan memiliki peran yang signifikan sebagai obat alami penanganan diabetes.

Terbukti, dengan kandungan esktrak daun kembang bulan sejumlah 5,14 ml/200g BB menunjukkan pengaruh yang efektif dengan penutunan kadar glukosa darah rata-rata mencapai 136,80 mg/dl.

Melalui uji tahap awal ini, Eko semakin optimistis untuk mengembangkan efektivitas dan pontensi yang baik dalam pembuatan obat diabetes alami dari esktrak daun kembang bulan. Ia meyakini, dengan penyempurnaan dan ketelitian yang baik akan menciptakan obat diabetes alami pertama di Indonesia.

“Meskipun hasilnya sudah terlihat, namun masih ada penelitian lanjutan. Setelah ini akan meneliti dalam cakupan keamanan esktrak terhadap fungsi hati dan ginjal”, tuturnya.

sumber : https://muhammadiyah.or.id/menjadi-yang-pertama-di-indonesia-dosen-muhammadiyah-ini-berhasil-ciptakan-obat-diabetes-alami/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement