Kamis 28 Dec 2023 23:42 WIB

Tinjau Jalur Puncak, Kakorlantas: Siapkan Rekayasa Lalin Saat Libur Tahun Baru 2024

Kakorlantas imbau personel untuk bantu masyarakat saat berlalu lintas.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan
Foto: Dok Humas Polresta Cirebon
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan memantau situasi lalu lintas sekaligus mengevaluasi jelang Libur tahun baru 2024 di TMC Polres Bogor, Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/12/2023).

Kakorlantas menuturkan, jalur puncak merupakan destinasi favorit bagi wisatawan yang hendak menghabiskan waktu libur Tahun barunya, khususnya bagi warga Jakarta.

Baca Juga

“Melihat kemarin ada 50 ribu lebih kendaraan yang masuk ke Puncak padahal kapasitas jalur Puncak hanya 40 ribu dalam satu hari ada kapasitas yang berlebih sehingga kita melakukan upaya rekayasa lalu lintas,” kata Kakorlantas Polri.

Selain itu, Irjen Pol Aan Suhanan menyebut bahwa pihaknya akan menerapkan rekayasa lalin berupa ganjil genap mulai dari tanggal 29 Desember sampai dengan 31 Desember 2023 bagi kendaraan yang menuju arah Puncak.

“Kemudian, kita akan melakukan pembatasan, pembatasan kendaraan yang akan melalui Puncak baik itu dari Gadog dari maupun arah Cianjur, pada jam 13.00 WIB tanggal 31 (Desember 2023) kita akan menutup jalur yang akan ke Puncak,” ungkap Irjen Aan.

“Baik dari arah Jakarta, atau Bandung, Cianjur akan kita tutup pada 18.00 WIB, kemudian akan kita clearance pada jam 21.00 WIB kita akan berlakukan Car Free Night di sepanjang jalur puncak dan beberapa tempat wisata dan tempat yang nantinya akan dihabiskan untuk melepas Tahun 2023 oleh masyarakat di daerah Puncak,” tambah dia.

Terakhir, Kakorlantas mengimbau kepada masyarakat yang berencana melakukan perjalanan untuk menghabiskan malam Tahun baru di area Puncak untuk segera naik ke atas sebelum pukul 15.00 WIB demi mengantisipasi terjadinya kemacetan saat rekayasa lalin diberlakukan. 

“Kemudian bagi warga dan masyarakat yang lain yang tidak menginap di Puncak silahkan nanti kita (petugas) sudah mengatur jalur-jalur alternatif mengarah ke Puncak, jalur alternatif sudah cukup baik. Kita akan berikan petunjuk arah, kemudian akan dijaga oleh personel kita bagi masyarakat yang menginap di daerah Puncak, tapi pukul 21.00 WIB sudah clear tidak ada yang masuk area Puncak,” pungkasnya.

Turut hadir, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Dirut PT Jasa Raharja Rivan A Purwantono dan PJU Polri lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement