Ahad 24 Dec 2023 17:32 WIB

Ribuan Penumpang Pejalan Kaki Padati Pelabuhan Bakauheni pada H-1 Natal

Calon penumpang diimbau membeli tiket kapal dari jauh hari.

Penumpang bejalan menuju kapal penyebrangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung.
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Penumpang bejalan menuju kapal penyebrangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG SELATAN -- Ribuan penumpang pejalan kaki terus berdatangan dan memadati area ruang tunggu Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Mereka hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak, Banten pada H-1 Natal 2023.

Berdasarkan pantauan Ahad siang menjelang sore (24/12/2023), terlihat para penumpang pejalan kaki terus berdatangan memadati terminal reguler dan dermaga eksekutif di Pelabuhan Bakauheni.

Baca Juga

Arus penumpang di Pelabuhan Bakauheni tersebut terpantau pada pukul 15.00 WIB sampai 16.00 WIB. Berdasarkan data 24 jam dari posko Pelabuhan Bakauheni, jumlah penumpang pejalan kaki mencapai 3.124 orang hari ini. Jumlah itu terus meningkat dari hari sebelumnya yang hanya 2.955 orang.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengimbau pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari. Ferizy adalah layanan pembelian tiket kapal penyeberangan (feri) secara daring atau online.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatra ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," ujarnya.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket daring kapal feri mulai 11 Desember 2023. Ketentuan itu berlaku di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Gilimanuk.

Berdasarkan ketentuan baru tersebut pemesanan tiket kapal feri dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal lima kilometer sebelum pelabuhan. Ketentuan itu ditetapkan dalam Surat Dirjen Perhubungan Darat  (Hubdat) Kementerian Perhubuangan (Kemenhub) Nomor AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di Sekitar Pelabuhan.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement