Sabtu 23 Dec 2023 23:50 WIB

'BerChanting Bersama Utara' Meriahkan Hari Ibu dengan Batik Bersama Warga Disabilitas

Acara ini dimeriahkan oleh enam design UMKM Batik.

Fashion show istimewa bertajuk BerChanting Bersama Utara yang di selenggarakan di pusat perbelanjaan By The Sea, Pantai Indah Kapuk, Abang None Jakarta Utara, Sabtu (23/12/2023).
Foto: Dok. IAN Jakarta
Fashion show istimewa bertajuk BerChanting Bersama Utara yang di selenggarakan di pusat perbelanjaan By The Sea, Pantai Indah Kapuk, Abang None Jakarta Utara, Sabtu (23/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ikatan Abang None Jakarta Utara adakan acara yang mengandeng para penyandang Disabilitas untuk meramaikan perayaan Hari Ibu 2023 dengan mengelar acara fashion show istimewa bertajuk "BerChanting Bersama Utara" yang di selenggarakan di pusat perbelanjaan By The Sea, Pantai Indah Kapuk, Abang None Jakarta Utara, Sabtu (23/12/2023).

Acara ini dimeriahkan oleh enam design UMKM Batik, antara lain Batik Marunda, Batik Sunter Nirmala, Batik Koja, Batik Maryam, Batik Nona Rara, dan Afsyara Gallery yang turut memperkaya panggung dengan karya-karya yang memukau, mencerminkan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia.

Baca Juga

Tema ini menjadikan wujud nyata dari pesan inklusi sosial dan sebagai wadah berekspresi teman-teman penyandang disabilitas. 

Pertunjukan mode ini melibatkan 50 model, termasuk anggota komunitas disabilitas Jakarta, finalis Abang None Jakarta Utara, serta ibu-ibu mereka. 

Selain itu juga dimeriahkan oleh Humaniora Indonesia dan Rumah Harapan Indonesia menjadi yayasan disabilitas dan rumah singgah anak-anak penyintas kanker. 

Acara ini digelar untuk menunjukkan bahwa Abang None Jakarta Utara yang punya segi positf dalam kegiatan yang dilakukan dalam program tahunan. 

Semua acara ini digagas oleh Salma Alliyah sebagai ketua pelaksana dan juga None Jakarta Utara 2023 dalam penyusunan rencana, kerjasama dengan beberapa pihak dan media partner sekaligus.

“Acara hari ini Alhamdulillan berjalan dengan lancar dan sukses selama fashion show serta banyak yang terharu karena kita mengangkat karir ibu dan para komunitas disabilitas sebagai wadah berekpresi mereka dan para ibunya dibalik sosok temen-temen adalah sosok ibu yang hebat dan juga ibu-ibu dari abang none juga ibu-ibu yang hebat,” ujar Salma.

Selain itu juga dari sebagian acara ini sangat di dukung dari beberapa pihak yaitu Ibu Shinta Nindyawati selaku Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Utara, Prasetyo selaku Ketua Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) 2023, Abang None dari wilayah lain dan beberapa pihak sponsor dan media partner antara lain Herald Indonesia itu sendiri.

“Ini acara sangat positif sekali dan saya apresiasi dengan acara yang digagas oleh Abang None Jakarta Utara. Dan acara ini perlu menjadi dinaikkan ke program kerja IANTA per tahun. Terima kasih kepada pemerintah yang mendukung, sponsor, media partner dan semuanya dalam mensukseskan event ini,” ujar Ketua IANTA 2023, Prasetyo.

Di balik kesuksesan ini tidak lepas dari Ketua Ikatan Abang None 2023 Jakarta Utara, Jihan Amirah Rafidah yang sebelumnya menjadi None Jakarta Utara 2019 yang bersama-sama memberikan terbaik untuk acara ini sampai tuntas.

“Alhamdulilah acara ini selesai lancar dan dijalankan serta sangat sukses. Dari amanah ketua IANTA 2023, insya allah kita sanggup mengkolaborasikan ini secara lebih besar lagi. Untuk kedepan kita akan mengevaluasi semuanya untuk program kerja Abang None Jakarta Utara di tahun 2024,” ujar Ketua Ikatan Abang None 2013 Jakarta Utara.

Selain itu pihaknya juga mengandeng 6 desainer, salah satunya designer dari acara ini adalah Afsyara dari Afsyara Gallery yang sangat bangga bisa berpartisipasi dengan acara yang luar biasa ini.

“Ini acara yang luar biasa dan bangga bisa berpartisipasi dalam acara ini. Saya harap kedepannya semoga batik Jakarta Utara bisa disebarluaskan lagi serta jangkauannya bisa di sebar di seluruh Indonesia pada umumnya dan luar negeri pada khususnya. Saya juga bangga karena model di catwalk itu dari kawan-kawan juga dan yang luar biasa adalah dari komunitas disabilitas juga,” ungkapnya.

Abang None Jakarta Utara, sebuah kelompok pemuda yang secara aktif memberikan kontribusi positif untuk memajukan budaya dan masyarakat Jakarta Utara, mengungkapkan kebanggaan atas kesuksesan "BerChanting Bersama Utara."

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement