Kamis 14 Dec 2023 11:40 WIB

Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat, Didominasi Subvarian EG.5

Peningkatan kasus Covid-19 tidak diikuti dengan peningkatan rawat inap dan kematian.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Reiny Dwinanda
Update Covid-19 (Ilustrasi). Subvarian EG.5 merupakan turunan dari varian omicron dan masuk dalam kategori variant of interest (VOI).
Foto:

Nadia juga mengungkapkan, situasi Covid-19 di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan tren kasus sejak pekan ke-41 atau periode 8-14 Oktober 2023. Kendati demikian, peningkatan tren kasus tidak diikuti dengan peningkatan rawat inap dan kematian.

Menyikapi hal tersebut, Kemenkes telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Lonjakan Kasus Covid-19. SE tersebut ditujukan kepada kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), kepala Laboratorium Kesehatan Masyarakat, direktur rumah sakit, kepala Puskesmas dan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di seluruh Indonesia.

"Surat edaran ini dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan bagi pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, laboratorium kesehatan masyarakat, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan para pemangku kepentingan terkait peningkatan kewaspadaan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia," ujar Nadia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement