Selasa 12 Dec 2023 19:00 WIB

Jelang Debat, Timnas AMIN Sebut Anies tak Ada Beban Isu HAM

Timnas menilai Anies akan bisa menjawab pertanyaan dengan sangat baik.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo
Juru Bicara (Jubir) Anies Baswedan, Angga Putra Fidrian saat memberi keterangan klarifikasi ke wartawan mengenai kasus komika Lampung yang jadi tersangka kasus penistaan agama saat tampil di acara Desak Anies, di Posko Perubahan Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Juru Bicara (Jubir) Anies Baswedan, Angga Putra Fidrian saat memberi keterangan klarifikasi ke wartawan mengenai kasus komika Lampung yang jadi tersangka kasus penistaan agama saat tampil di acara Desak Anies, di Posko Perubahan Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 'AMIN' mengatakan Anies tidak memiliki beban mengenai isu hak asasi manusia (HAM). Sehingga dinilai akan mudah dalam mengikuti agenda debat perdana capres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (12/12/2023) dengan salah satu temanya mengenai HAM.

 

Baca Juga

"Anies Baswedan dan Gus Imin itu salah satu kandidat yang enggak punya beban masa lalu, kalau bisa dicek dari yang mendukung enggak punya beban masa lalu, bahkan capresnya sendiri enggak punya beban pelanggaran HAM jadi enggak masalah dengan itu," ujar Juru Bicara (Jubir) Timnas Pemenangan AMIN, Angga Putra Fidrian Rumah Perubahan di Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

 

Angga menyebut, track record dalam hal itu utamanya bisa dilihat saat Anies berpengalaman menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Dia meyakini bahwa Anies akan bisa menjawab dengan baik setiap pertanyaan para panelis di acara debat capres di KPU pada malam hari ini.

 

"Jadi, ketika panelis nanya, panelis butuh sikap dari capresnya karena ini kan debat capres, enggak ada masalah sih. Sikapnya Pak Anies kaitannya dengan pelanggaran HAM sudah firm sih," ujar dia.

 

Angga kemudian mencontohkan saat memimpin Jakarta, Anies tidak pernah melakukan penggusuran terhadap warga yang melanggar hak asasi manusia. Yakni kasus penggusuran Kampung Akuarium saat dipimpin gubernur sebelumnya.

 

"Pertanyaan saya, di Jakarta ada penggusuran enggak? Yang skalanya kayak Kampung Akuarium sama Bukit Duri selama Pak Anies menjabat," ujarnya.

 

Lebih lanjut, Angga mengatakan, dengan rekam jejak Anies yang ada, dia menjamin tidak akan ada pelanggaran HAM yang dilakukan ke depannya. "Enggak ada pelanggaran, tentunya pembangunan ke depan tidak ada pelanggaran HAM," kata dia.

 

Diketahui, debat perdana antarcapres pada malam hari ini mulai pukul 19.00 WIB akan mempertemukan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Cawapres mereka masing-masing ikut hadir sebagai pendamping, tapi tak boleh ikut berbicara.

 

Tema debat adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Debat terdiri atas enam segmen, yang empat di antaranya merupakan ruang bagi capres untuk saling sanggah.

 

Moderator debat adalah dua jurnalis TVRI, Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya. Ajang adu gagasan yang dimulai pukul 19.00 WIB itu ditanyakan secara live di TVRI dan RRI. Enam segmen debat akan berlangsung selama 120 menit dan ditambah durasi iklan selama 30 menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement