Selasa 12 Dec 2023 15:18 WIB

Gunung Berapi Dapat Meletus Kapan Saja, Warga Diserukan Patuhi Peta Kawasan Rawan Bencana

Masyarakat harus menghindari zona yang memungkinkan dilewati lahar dingin.

Seorang petani merawat sawahnya saat Gunung Marapi memuntahkan material vulkanik ke udara di Agam, Sumatera Barat, Indonesia, Rabu (6/12/2023). Tim penyelamat sedang mencari seorang pendaki wanita yang terjebak dalam letusan gunung berapi di akhir pekan yang menewaskan hampir dua belas pendaki dan melukai beberapa lainnya.
Foto:

Terkait erupsi Gunung Marapi yang terjadi pada Ahad (3/12/2023), Hadiansyah menjelaskan, letusan gunung api itu merupakan jenis eksplosif dengan karakter freatik. Dengan kata lain, letusan tersebut terjadi secara tiba-tiba akibat adanya kontak air tanah dengan dapur magma di dalam perut bumi.

Hal itulah yang memicu ledakan. Pada umumnya, letusan gunung api di Indonesia bersifat eksplosif dan diiringi gempa vulkanik.

"Khusus letusan Gunung Marapi dengan karakter freatik lebih banyak dipengaruhi oleh keberadaan air tanah yang kontak dengan dapur magma," katanya.

Hardiansyah menjelaskan banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Tanah Datar pada Selasa (5/12/2023) malam membawa material vulkanik. Dapat dipastikan itu bukan lahar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement