Senin 11 Dec 2023 14:30 WIB

Atasi Stunting, Menko Muhadjir Ajak Anak Pesisir Konsumsi Ikan Laut

Muhadjir mengajak pengurus Muhammadiyah dan Aisyiyah menjawab masalah stunting.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Erik Purnama Putra
Menko Muhadjir Effendy meminta anak-anak di desa pesisir banyak makan ikan laut untuk mengatasi stunting.
Foto: Republika.co.id
Menko Muhadjir Effendy meminta anak-anak di desa pesisir banyak makan ikan laut untuk mengatasi stunting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta daerah pesisir dapat mengoptimalkan sumber daya maritimnya, seperti potensi ikan laut. Dengan begitu, anak-anak yang tinggal di desa wilayah pantai tidak terkena stunting.

"Jadi, kalau anak-anak itu banyak makan ikan itu sehat, karena mengandung protein hewani dan asam folat yang bagus untuk tumbuh kembangnya," ujar Muhadjir saat berkunjung dan berdialog dengan masyarakat desa-desa pesisir  di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam siaran pers di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani dan asam folat, Muhadjir juga menekankan, pentingnya pemberian tablet tambah darah bagi para ibu hamil. Menurut dia, pemberian tablet tambah darah tersebut dapat bermanfaat untuk pencegahan stunting sejak dini.

"Ibu hamil jangan lupa minum pil tambah darah kemudian gizinya juga cukup, ditarget konsumsi ikan laut itu sehari satu kilo supaya janin yang ada di dalam kandungannya sehat dan cerdas," kata Muhadjir.

 

Dia menyebutkan, optimalisasi penggunaan dana desa dapat dilakukan untuk penghapusan kemiskinan ekstrem dengan pemberian bantuan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan. "Jadi, penggunaan dana desa sangat membantu untuk menyelesaikan isu prioritas nasional, yakni penghapusan kemiskinan ekstrem dan pengentasan stunting," kata Muhadjir menjelaskan.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng, Kepala Desa Komodo H Aksan beserta jajarannya dan Sekretaris Desa Pasir Putih Yogi Indrawan.

Ajak Muhammadiyah dan Aisyiyah...

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement