Senin 11 Dec 2023 08:43 WIB

7 Berita Pilihan Perubahan Iklim Republika.id: Bumi Mendidih dan Mengancam Kehidupan

Tahun ini tercatat sebagai tahun terpanas sejak pencatatan iklim dimulai.

Suhu panas bumi (ilustrasi)
Foto:

4. Penyakit dan Bencana Alam yang Dipicu Perubahan Iklim

Musim kemarau panjang, memburuknya kualitas udara, dan pemanasan suhu yang eksponensial menjadi sekian pertanda terjadinya perubahan iklim di dunia, termasuk Indonesia. Dari sana kemudian muncul persoalan-persoalan bawaan, seperti bencana alam hingga penyakit.

5. COP-28 dan Pembiayaan Kreatif

Selasa, 12 Desember 2023, besok adalah hari terakhir konferensi tingkat tinggi, Conference of the Parties yang ke-28 (COP-28) yang digelar di Uni Emirat Arab. COP merupakan ajang pertemuan tahunan negara-negara yang terlibat dalam aksi pengendalian iklim (climate change) yang berada dalam naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

6. Menagih Janji Mitigasi Perubahan Iklim

Konferensi Para Pihak (Conference of the Parties atau COP) ke-28 Konvensi Kerangka Kerja Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau UNFCC di Dubai, Uni Emirat Arab, 30 November-12 Desember 2023 menuju tahap akhir. Hasil yang diharapkan ialah bagaimana mengonkretkan Kesepakatan Paris 2015, mencakup mitigasi dan adaptasi perubahan iklim serta pembiayaannya.

 

7. Mengupas Teknologi yang Berpotensi Selamatkan Dunia dari Perubahan Iklim (ikhtisar)

Perubahan iklim merupakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi umat manusia saat ini dan waktu untuk mengatasinya semakin menipis. Tentu saja, memerangi perubahan iklim dan menciptakan planet yang lebih hijau bukanlah tugas mudah yang dapat dicapai dalam semalam.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement