Sabtu 09 Dec 2023 14:40 WIB

Perbanyak Dialog, Personel Polri Cegah Konflik Akibat Pemilu

Pemilu 2024 harus berjalan lancar.

Ilustrasi apel Polri.
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Ilustrasi apel Polri.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Aparat Polres Musi Rawas, Sumatera Selatan melakukan patroli dialogis bertujuan mencegah konflik pemilihan umum (Pemilu) 2024 di wilayah itu.

Kapolres Musi Rawas AKBP Danu Agus Purnomo, Sabtu, mengatakan bahwa dalam upaya mengantisipasi potensi gangguan keamanan menjelang Pemilu, Polres Mura melakukan patroli dialogis ke kantor KPU dan Bawaslu, hingga gudang logistik di wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Baca Juga

"Kami, akan terus melakukan patroli dialogis ini hingga pelaksanaan hari pencoblosan Pemilu 2024," katanya.

Ia menjelaskan patroli dialogis ini merupakan bagian dari strategi preventif yang dijalankan oleh Polres Mura guna memastikan situasi keamanan dan ketertiban di sekitar kantor lembaga pemilu.

 

Kegiatan itu melibatkan personel kepolisian yang berinteraksi langsung dengan petugas di kedua kantor dan gudang logistik tersebut.

"Para personel saat menjalani tugas menyampaikan pesan penting terkait keamanan, kewaspadaan, serta kerjasama dalam menjaga suasana yang kondusif menjelang pemilu," katanya.

Kantor KPU dan kantor Bawaslu serta gudang logistik menjadi sasaran patroli dialogis ini untuk memastikan bahwa lembaga terkait pemilu aman dari gangguan apapun sehingga terjaminnya proses demokrasi yang baik dan berkualitas.

Kendati demikian, menurutnya terciptanya situasi yang aman dan kondusif bisa terwujud apabila adanya kerjasama yang baik antara pihak keamanan Polres Musi Rawas, KPU, Bawaslu, Pemerintah daerah, hingga Kejaksaan Negeri Lubuk linggau.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement