Sabtu 09 Dec 2023 04:30 WIB

Kronologi Detik-Detik Sebelum Panca Membunuh Anaknya Hingga Menyusun Mainan

Polisi menemukan bukti rekaman pembunuhan memilukan tersebut.

Rep: Ali Mansur/Alkhaledi/ Red: Teguh Firmansyah
Kondisi rumah lokasi pembunuhan Empat anak berinisial V (6 tahun),S (4 tahun), A (3 tahun) dan A (1 tahun) di RT 04/03, Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023). Mereka diduga dibunuh oleh ayah kandungnya sendiri berinisial PD (41 tahun)
Foto:

Menurutnya, pemeriksaan histopatologi nantinya yang akan menunjukkan penyebab lebab di tubuh korban. Tentang kemungkinan menjadi penyebab kematian atau lebam karena proses pembusukan mayat saja. 

"Akan kelihatan, oh prosesnya kalau adanya lebam itu akan ada darah, komponen darah yang ada di luar misalnya leukosit, polimorf nuklear trombosit, kemudian eritrositnya ada di situ," katanya.

Hariyanto juga memastikan tidak ada luka sayatan pada tubuh korban layaknya yang terjadi pada terduga pembunuh PD. Ia menyebut pihaknya masih menunggu beberapa pemeriksaan untuk bisa menyimpulkan penyebab kematian anak-anak tersebut. 

"Sudah terjadi pembusukan perkiraan meninggal 3-5 hari. (Penyebab kematian) Tunggu hasil riksa lab histopatologi, DNA dan toxikologi. Sampel sudah diberikan ke penyidik untuk pemeriksaan," katanya.

Belum didatangi keluarga

Hariyanto menambahkan empat jenazah anak yang tewas diduga dibunuh ayahnya sendiri di Jagakarsa sudah boleh dibawa pulang keluarga. Ia menyebut telah memberitahu penyidik untuk memberi info kepada keluarga bahwa jenazah anak-anak ini sudah boleh dibawa.

"Masih ada di sini, kami sudah laporkan untuk memberitahu keluarganya kalau mau ambil kita sudah persiapkan semuanya," jelas Brigjen Pol Hariyanto kepada Republika.co.id, Jumat (8/12/2023).

Hariyanto mengungkap belum ada keluarga yang berkomunikasi kepada pihak rumah sakit sejak empat anak itu dibawa ke fasilitas tersebut. Dia justru berharap media juga memberi tahu keluarga untuk membawa jenazah anak-anak di bawah umur itu.

"Komunikasi (keluarga) nggak ada, belum. Cobalah wartawan mengimbau keluraganya atau apa," katanya.

Sementara kondisi Panca Darmansyah (41 tahun) yang diduga membunuh empat anaknya itu disebut telah berangsur membaik sejak ditemukan mencoba bunuh diri. Polisi bahkan telah melakukan pemeriksaan awal kepadanya.

"Jadi hari ini kondisi fisiknya berangsur-angsur membaik. Mulai tadi malam, baru ada pemeriksaan pendahuluan. Jadi belum diperiksa secara tuntas ya. Jadi menyesuaikan dengan kondisi fisik yang ada," ujarnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement