Sabtu 02 Dec 2023 23:08 WIB

Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup dengan Menanam Mangrove Terus Dilakukan

Kegiatan menanam mangrove ini juga merupakan bagian dari employee engagement.

Upaya melestarikan lingkungan hidup terus dilakukan sejumlah pihak, termasuk OCBC Indonesia.
Foto: Dok. Oi
Upaya melestarikan lingkungan hidup terus dilakukan sejumlah pihak, termasuk OCBC Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upaya melestarikan lingkungan hidup terus dilakukan sejumlah pihak. Seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Kolaborasi Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi Jakarta, Mangrove Jakarta Community, dan OCBC Indonesia pun menanam  pohon mangrove di dua lokasi Ekowisata Mangrove PIK dan Pulau Tidung Kecil.

Sebanyak lima ribu pohon mangrove jenis Rhizophora mucronata di dua lokasi Ekowisata Mangrove PIK dan Pulau Tidung Kecil.  Upaya ini selaras dengan usaha-usaha mengurangi jejak karbon dengan melakukan berbagai penghematan energi, kertas, pengelolaan limbah, serta penurunan keluaran emisi yang dihasilkan dari kegiatan operasional Bank. 

Baca Juga

Bank juga berkontribusi dalam mengurangi jejak karbon melalui kebijakan pembiayaan yang menggunakan penilaian Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST), pemberian kredit hijau dan pemberian kredit bertemakan keberlanjutan.  

“Kami percaya bahwa perbankan bukan hanya tentang produk dan layanan keuangan saja, tapi juga tentang menciptakan masa depan yang lebih baik untuk diri sendiri, pelanggan, orang-orang terdekat, termasuk komunitas di sekitar kita. Hal ini selaras dengan nilai-nilai yang terus ditanamkan dan dijalankan oleh Bank untuk seluruh karyawan, demi membangun masa depan yang lebih baik," kata Head of Human Resources OCBC Indonesia Julie Anwar, seperti dinukil pada Sabtu (2/12/2023). 

Julie menambahkan, pelestarian lingkungan melalui program OCBC Sustainability Learning juga mendukung implementasi langkah nyata peduli lingkungan dalam kegiatan sehari-hari karyawan lewat kampanye #DimulaiDariSaya, karena pembelajaran tentang keberlanjutan dan pelestarian lingkungan hidup bisa dimulai dari diri masing-masing. 

Kegiatan menanam mangrove ini juga merupakan bagian dari employee engagement OCBC Indonesia bertajuk SPARTA (Sepeda, Lari, Tanam), sebuah program yang bertujuan membangkitkan semangat karyawan untuk hidup lebih sehat sambil berpartispasi dalam kegiatan yang berdampak positif bagi lingkungan. Dalam program ini, karyawan didorong untuk berolahraga yaitu lari dan bersepeda, dan setiap mereka lari atau bersepeda dengan jarak tertentu, setara dengan mendonasikan pohon mangrove yang berperan dalam kelestarian lingkungan. 

Paundra Hanutama selaku Founder dari Jakarta Mangrove Community mengatakan, terimakasih telah ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian mangrove di Jakarta. 

"Dengan adanya kegiatan ini, kami harap dapat menjadi inspirasi untuk karyawan dan juga masyarakat umum agar terus berusaha melestarikan lingkungan hidup sebagai bentuk tanggung jawab kita untuk anak cucu kita nanti.”

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement