Sabtu 02 Dec 2023 10:54 WIB

HRS Berhalangan Hadir di Aksi Munajat Kubro 212 di Monas

Massa Munajat Kubro 212 mengapresiasi Menlu, dan kini mulai meninggalkan Monas.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah peserta meneriakkan yel-yel dukung Palestina saat mengikuti aksi Munajat Kubro 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah peserta meneriakkan yel-yel dukung Palestina saat mengikuti aksi Munajat Kubro 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan massa aksi Munajat Kubro 212 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Sabtu (2/12/2023) siang WIB, meninggalkan lokasi. Berdasarkan pantauan di lokasi, sekitar pukul 09.30 WIB para peserta berangsur-angsur meninggalkan kawasan Monas secara tertib mengikuti arahan panitia.

Arus lalu lintas yang sebelumnya ditutup juga kini sudah kembali dibuka, membuat arus lalu lintas agak sedikit tersendat. Meski begitu, kepolisian tetap bersiaga mengatur arus lalu lintas di sekitar Monas agar tidak terjadi  kemacetan yang panjang.

 

Sebelumnya, peserta aksi Munajat Kubro 212 memadati kawasan Monas sejak dini hari. Munajat Kubro 212 dimulai sekitar pukul 03.00-09.00 WIB, diawali shalat Tahajud, munajat, sholat Shubuh berjemaah, dan dilanjutkan tausiah para dai nasional sampai 09.00 WIB.

 

 

Dalam kegiatan bertema 'Untuk Keselamatan NKRI dan Kemenangan Palestina' itu, Ketua Steering Commitee (SC) Munajat Kubro 212 Muhammad bin Husein Alatas mengapresiasi inisiatif Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi yang sudah konsisten membela dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

 

"Ibu Menlu sangat berani mengecam Israel di forum-forum resmi PBB, bahkan terakhir, atas nama negara Indonesia telah mengajukan tuntutan agar Israel diseret ke pengadilan internasional," katanya.

 

Kegiatan itu diikuti masyarakat yang datang tidak hanya dari Jakarta, namun juga dari wilayah penyangga semisal Bekasi, Bogor hingga Cikarang, Jawa Barat. Mereka mengenakan atribut seperti bendera Palestina hingga papan bertuliskan doa untuk Palestina.

 

Peserta Munajat Kubro terdiri atas orang dewasa hingga anak-anak menggelar doa bersama untuk kemerdekaan Palestina yang saat ini tengah dijajah oleh Zionis Israel.

Mereka juga melantunkan dzikir bersama dan berteriak untuk mengekspresikan dukungan terhadap Palestina. Habib Rizieq Shihab (HRS) berhalangan hadir dalam kegiatan Munajat Kubro 212, sebab harus menemani istrinya yang sedang sakit.

 

Pada kesempatan yang sama, Husein Alatas juga memohon kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) , TNI, Polri, serta Kejaksaan RI agar menindak tegas siapapun di NKRI yang secara terang-terangan membela Israel. "Semoga Allah selamatkan NKRI dan menjadikannya sebagai negeri yang makmur, sejahtera, serta berkah," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement