Jumat 24 Nov 2023 14:27 WIB

UNM Gelar Pelatihan Optimalisasi SEO Bagi UMKM Kopi Goenoeng Berjaya

UNM berupaya mendorong UMKM membangun customer engagement

Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan workshop bertajuk Optimasi Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Pengunjung Website UMKM di Asyana Hotel Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis (23/11).
Foto: Dok UNM
Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan workshop bertajuk Optimasi Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Pengunjung Website UMKM di Asyana Hotel Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis (23/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang baru bagi UMKM untuk memanfaatkan platform digital dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar. Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan workshop bertajuk ”Optimasi Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Pengunjung Website UMKM” di Asyana Hotel Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis (23/11/2023).

Pada kesempatan ini, Dosen Kampus Digital Bisnis UNM yang menjadi tim pelaksana kegiatan yakni Ida Zuniarti selaku ketua tim pelaksana, Tati Mardiana, Instianti Elyana, Daning Nur Sulistyowati, Sukmawati Anggraeni Putri, Arfhan Prasetyo, Andi Saryoko, dan Arfhan Prasetyo. Hadir juga mahasiswa UNM yaitu Kanaya Salsabila Setiawan, Rezin Simanjuntak, Muhammad Farhan, dan Rizki Muhammad Shafar sebagai pendamping peserta selama kegiatan. 

Ida Zuniarti sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Kampus Digital Bisnis UNM dan Ketua Pelaksana Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan Tahun 2023 menyampaikan, workshop ini merupakan rangkaian kegiatan Hibah Program Pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Kemitraan Tahun 2023 yang diperoleh Universitas Nusa Mandiri (UNM) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian workshop sebelumnya, yakni Workshop Digital Marketing. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan konten digital marketing untuk membangun customer engagement pada saluran media digital UMKM Goenoeng Berjaya," ungkapnya.

 

Ia menjelaskan UMKM Goenoeng Berjaya akan menerima hibah aplikasi website e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan visibilitas, dan berinteraksi lebih baik dengan pelanggan mereka.

Workshop menghadirkan Aldi Imron Rosadi sebagai Programmer di Qualita Indonesia yang membahas tentang konsep SEO dan cara mengelola website e-commerce UMKM Goenoeng Berjaya.   

“Workshop ini terbagi menjadi dua sesi, pada sesi pertama narasumber menyampaikan konsep SEO dan mendemonstrasikan pembuatan kata kunci yang unik untuk sebuah produk. sedangkan pada sesi kedua tentang penggunaan website e-commerce,” tambahnya.

Sementara itu, Aldi Imron Rosadi dalam pemaparannya menjelaskan pentingnya Search Engine Optimization (SEO), bahwasanya sebanyak 93 persen pengalaman online dimulai dengan mesin pencari.

“SEO adalah serangkaian strategi untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari seperti Google,” jelasnya.

Dia menyampaikan cara-cara yang efektif dalam melakukan optimalisasi SEO dapat beragam, mulai dari pemilihan kata kunci yang relevan, pengoptimalan konten, hingga peningkatan kualitas tautan. 

“Penggunaan judul, deskripsi, dan tag yang sesuai juga mendukung peningkatan peringkat SEO. Selain itu, penggunaan tautan internal dan eksternal yang baik dapat meningkatkan otoritas situs web di mata mesin pencari,” paparnya.

Pada sesi kedua, Aldi menjelaskan cara penggunaan aplikasi web e-commerce mulai dari cara mengelola halaman admin website untuk mengontrol penjualan, mengatur strategi promosi produk, seperti implementasi voucher dan flash sale.

“Pengaturan produk yang baik, pembuatan promosi melalui penyediaan voucher, dan pengaturan kata kunci yang unik terkait produk dapat menstabilkan statistik pengunjung website e-commerce UMKM Goenoeng Berjaya,” tegasnya.

Di sisi lain, Eka Sari Handayani salah satu peserta workshop dari UMKM Goenoeng Berjaya menyebutkan bahwa workshop ini sangat membantu dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengoptimalkan SEO sehingga dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web dalam hasil mesin pencari.

“Adanya hibah website e-commerce ini, UMKM Goenoeng Berjaya dapat memperluas segmentasi pelanggan dan menjawab tantangan bisnis di era digital saat ini,” ujarnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement