Kamis 23 Nov 2023 14:23 WIB

Bupati Rudy: Harga Kebutuhan Pokok di Garut Naik, Daya Beli Masyarakat Malah Anjlok

Pemkab Garut akan memasok kebutuhan pokok ke pasar agar harga stabil.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bupati Garut, Rudy Gunawan melakukan pengecekan harga bahan pokok di Pasar Mandalawangi, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (23/11/2023).
Foto: Dok. Diskominfo Kabupaten Garut
Bupati Garut, Rudy Gunawan melakukan pengecekan harga bahan pokok di Pasar Mandalawangi, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (23/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Mandalawangi, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, mengalami kenaikan. Berdasarkan hasil pemantauan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan adalah cabai, beras, jengkol, hingga tomat.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengaku sudah langsung melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok di Pasar Mandalawangi, pada Kamis (23/11/2023). Ia mengatakan, sejumlah komoditas masih mengalami kenaikan, seperti cabai, beras, dan lainnya.

"Semua ada kenaikan. Saya cek harga-harga bahan pokok, memang cabai masih mengalami kenaikan," kata dia, Kamis.

Akibat harga yang tinggi, Rudy menilai, daya beli masyarakat menjadi turun. Berdasarkan pengamatannya di beberapa pasar dan pusat perbelanjaan di Kabupaten Garut, penurunan daya beli masyarakat itu diklaim mencapai 20 persen. Alhasil, omzet para pedagang menjadi berkurang. 

 

Menurut dia, Pemkab Garut akan melakukan langkah untuk mengatasi kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok. Salah satu langkah yang akan dilakukan adalah memasok sejumlah kebutuhan pokok ke pasar-pasar. Langkah itu diharapkan dapat menekan kenaikan harga kebutuhan pokok. 

"Kami akan konsolidasi dengan dinas pertanian agar segera didrop ke sini," ujar Rudy.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pengecekan rutin terkait harga kebutuhan pokok. Menurut dia, ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Garut sejauh ini masih aman. Namun, iaberharap, harga kebutuhan pokok akan kembali stabil, mengingat saat ini merupakan momen jelang pergantian tahun.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement