Kamis 23 Nov 2023 08:48 WIB

81 Juta Suara Ditargetkan Memilih Anies-Imin di Pilpres 2024 

Gerakan itu dinilai murni dari rakyat yang bergerak sendiri.  

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus Yulianto
Pengumuman squad lengkap Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar AMIN di Rumah Perubahan Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023).
Foto: Republika/ Eva Rianti
Pengumuman squad lengkap Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar AMIN di Rumah Perubahan Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dukungan dari para relawan yang tergabung dalam Gerakan Rakyat untuk Perubahan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 'AMIN' terus bergulir. Anggota Presidium Pelaksana Gerakan Rakyat untuk Perubahan sekaligus Ketua Umum Konfederasi Relawan Nasional Anies Baswedan (KoReAn) Muhammad Ramli Rahim mengatakan, pihaknya menargetkan lebih dari 80 juta suara memilih paslon nomor urut 1, AMIN. 

"Keinginan kami pemilih Anies mampu mencapai 81 juta di seluruh Indonesia. Sehingga kita berharap AMIN mampu mencapai suara tertinggi 2024," kata Ramli dalam konferensi pers update dan target Gerakan Rakyat untuk Perubahan di Rumah Koalisi Perubahan di Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Rabu (22/11/2023). 

Ramli mengatakan, konkritnya, ditargetkan ada pemilih berjumlah 100 orang di tiap tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh Indonesia. Dia menyebut, nantinya di tiap TPS akan ditempatkan sejumlah relawan serta kelompok pemilih.  

"Harapan kami semua TPS di seluruh Indonesia akan terisi minimal 10 relawan-relawan dan 10 orang kelompok pemilih yang masing-masing terdiri atas 10 orang sehingga total di setiap TPS minimal ada 100 orang pemilih," tutur dia.  

Ramli menjelaskan, Gerakan Rakyat untuk Perubahan merupakan sekumpulan orang yang tergerak untuk mendukung AMIN dalam melakukan misi perubahan di Indonesia. Gerakan itu dinilai murni dari rakyat yang bergerak sendiri, bukan gerakan yang dibuat-buat atau dipaksaan pihak tertentu.  

"Mas Anies tidak punya parpol, beliau bukan konglomerat tapi kemudian oleh rakyat diinginkan dan kemudian beliau resmi menjadi capres. Sehingga gerakan ini akan terus berjalan, kami memulainya pertama kali 4 November yang lalu," kata dia.  

Lebih lanjut, upaya yang dilakukan Gerakan Rakyat untuk Perubahan adalah membentuk presidium mulai dari presidium nasional, hingga presidium kelompok pemilih.  

"Hari ini deklarasi nasional, kemudian deklarasi dapil, kemudian kabupaten/kota, kecamatan, desa, TPS, dan terakhir presidium kelompok pemilih," tutur Ramli.  

Diketahui, organisasi relawan pendukung pasangan Anies dan Muhaimin 'AMIN' membentuk Presidium Gerakan Rakyat untuk memenangkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada Pemilu 2024. Gerakan rakyat jadi pasukan terdepan untuk memenangkan Anies-Muhaimin.

"Gerakan rakyat ini merupakan pasukan terdepan untuk tim pemenangan Anies dan Muhaimin," kata Kapten Timnas AMIN M. Syaugi saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (22/11/2023). 

Syaugi menegaskan, Timnas AMIN mengedepankan masyarakat, relawan, rakyat atau disebut Gerakan Rakyat. Bahkan, kata dia, Anies-Muhaimin tidak membatasi siapa yang ingin bergabung dengan tim pemenangan.  

Presidium Nasional Gerakan Rakyat merupakan gabungan dari para pemimpin komunitas relawan nasional, yakni Sahrin Hamid (Presidium Kuning Ijo Biru/KIB), La Ode Basir (Koordinator Presidium DPP Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera/ANIES), M. Ramli Rahim (Ketua Umum Konfederasi Nasional Relawan Anies/KoReAn), Azmi Asmuni Majid (Ketua SKI Jateng Relawan Anies-Cak Imin), Arief Minardi (Ketua Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik Mesin/FSP LEM/Poros Buruh), dan Syaiful Bahari (Ketua Umum Jaringan Tani Nelayan). 

Kemudian, M. Nurkhoiron (Ketua Umum Laskar Santri), Abdurrahman Ma’mun (Koordinator Keumatan), Abdullah Mansuri (Ketua Umum IKAPPI), Djihadul Mubarok (Sekjen Garda Matahari), Ervan Tou (Ketua Umum Laskar AMAN), Nur Fitria Farhana (Majelis Taklim), dan Winston Herlanjaya (Koordinator Forum Perjuangan AMIN), Pdt. Shephard Supit (Ketua Umum Bersama AMIN Menuju Indonesia 1/BRANI 1), Ulung (Ketua Umum Indonesia-Tionghoa/KOMIT), Irjen Pol. (Purn.) Anas Yusuf (Pimpinan FKP3), dan Susanto Triyogo A. (Koordinator Eksponen Cipayung).

Sementara itu, Koordinator Presidium Nasional Gerakan Rakyat Sahrin Hamid menjelaskan, gerakan itu bersifat partisipatif dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk kemenangan rakyat melalui pasangan Anies-Muhaimin.

"Kami mengajak segenap rakyat Indonesia untuk terlibat dalam Gerakan Rakyat di lingkungannya masing-masing, baik itu di desa/kelurahan sampai dengan tempat pemungutan suara (TPS)," harapnya. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Selasa, 14 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Peserta Pilpres 2024 terdiri atas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3. KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement