Kamis 23 Nov 2023 07:06 WIB

Gus dan Kiai Muda Targetkan 10 Juta Suara untuk Gibran

Para gus dan kiai muda menargetkan sebanyak 10 juta suara untuk Gibran.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bilal Ramadhan
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. Para gus dan kiai muda menargetkan sebanyak 10 juta suara untuk Gibran.
Foto: Republika/ Febryan A
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. Para gus dan kiai muda menargetkan sebanyak 10 juta suara untuk Gibran.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Para gus dan kiai muda yang mengatasnamakan dirinya Relawan Gibran BerKopiah (GBK) menyatakan kesiapannya memenangkan pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Tak tanggung-tanggung, Relawan GBK menargetkan bisa menyumbang hingga 10 juta suara untuk pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 tersebut.

"Kami akan door to door. Sasarannya tentu para santri, wali santri, hingga para alumni (pondok pesantren). Targetnya 10 juta suara," Ketua Umum GBK, KH Ahmad Faiz Abdul Haq Zaini di Surabaya, Rabu (22/11/2023).

Baca Juga

Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jatim itu menjelaskan, Relawan GBK diisi gus dan kiyai muda, yang biasa berkecimpung di pondok pesantren. Gus Faiz mengklaim, Relawan GBK memiliki 100 anggota yang merupakan kiai dan gus dari berbagai pondok pesantren.

"Kami memiliki jaringan alumni pesantren, punya pesantren, dan masyarakat pesantren. Itu bisa berlipat-lipat alumni, simpatisan, dan anggotanya," ujarnya.

 

Saat ini, lanjut Gus Faiz, Relawan GBK telah terbentuk di 7 provinsi. Yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, dan Bali. Namun dalam waktu dekat, Gus Faiz menargetkan Relawan GBK bisa dibentuk di 38 provinsi di Indonesia.

Meraih suara pesantren, khususnya yang berbasis di Jatim, diakuinya bisa menjadi tantangan pasangan Prabowo-Gibran. Mengingat, selain kedua figur tersebut bukan berasal dari kalangan Nahdliyyin, Cawapres dua Paslon pesaingnya berasal dari Jawa Timur. Yakni Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD.

Namun demikian, lanjut Gus Faiz, relawan yang dipimpinnya bisa menjadi penghubung dengan para santri lewat pendekatan prestasi Gibran. Sekalipun bukan berasal dari kalangan pesantren, wali Kota Solo tersebut diyakininya bisa menjadi teladan figur milenial.

"Mas Gibran merupakan seorang yang memiliki aktivitas sebagai wirausaha muda. Sosok yang sebelumnya seorang wirausahawan, kini menjadi politisi. Ini akan di-mix dengan dunia pesantren," ucapnya.

Prestasi Gibran dalam membangun Solo juga diyakininya dapat menjadi portofolio yang bisa disampaikan kepada calon pemilih. "Kita bisa melihat perkembangan Solo. Dari angka-angka itu sangat jelas. Beliau merupakan sosok yang sangat kapabilitas untuk mendampingi Pak Prabowo," kata dia 

Pembina Relawan GBK, KH. Ubaidillah Amin menambahkan, relawan ini memandang Gibran sebagai sosok yang memiliki akhlak sebagai santri. "Kami sudah mengenal lama Mas Gibran," kata Gus Ubaidillah.

Tak hanya dengan mengampanyekan Prabowo-Gibran, GBK juga siap mengawasi pemilihan di TPS tambahan yang biasanya berada di pesantren. Gus Ubaidillah menyatakan, pihaknya bahkan telah menhiapkan mobil branding bergambar Gibran yang akan keliling ke mana-mana.

"Apalagi, Gus-Gus ini kan sering menghadiri pengajian, sholawatan dan sebagainya. Nah ini juga pakai mobil ini," kata pengasuh Pondok Pesantren Annuriyah Kaliwining Jember tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement