Selasa 21 Nov 2023 20:43 WIB

Tegaskan tak Larang Anies Datang ke UGM, Rektorat Minta Panitia Seminar Buat Klarifikasi

Rektorat UGM meminta panitia seminar yang mengundang Anies memberikan klarifikasi.

Rep: Febrianto Adi Saputro, Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Kampus UGM Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq
Kampus UGM Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sekretaris Universitas, Andi Sandi kembali menegaskan bahwa UGM tidak pernah melarang Anies Baswedan untuk datang dan mengisi acara Indonesia Future Studium Generale di Magister Manajemen, pada Jumat (17/11/2023) lalu. Sandi menilai ada salah persepsi dari panitia seolah-olah ada percakapan yang menunjukkan Rektorat UGM melarang kehadiran Anies Baswedan pada kegiatan tersebut.

"Setelah kami telusur, panitia tanpa entah apa tujuannya memberi nama Rektorat pada profil WA staf Magister Manajemen yang meminjamkan tempat acara Studium Generale," kata Sandi dalam keterangannya, Selasa (21/11/2023).

Baca Juga

Sandi menjelaskan, pihaknya juga telah mempertemukan antara pengelola gedung MM UGM dan Polda DIY. Pihak Polda DIY juga menegaskan tidak pernah mengeluarkan statement larangan Anies untuk datang ke UGM.

Sandi menuturkan acara tersebut bukan acara resmi UGM, tetapi hanya meminjam tempat. Ia menegaskan, bahwa Rektorat UGM sama sekali tidak melarang Anies untuk datang ke UGM apalagi menjadi pembicara acara ilmiah.

"Anies kan juga keluarga UGM dan acara tetap berjalan lancar kemarin," ucapnya.

UGM juga terbuka kepada capres manapun yang akan hadir di UGM. Ini terbukti dengan terlaksananya dialog kebangsaaan beberapa waktu lalu yang menghadirkan tiga capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. 

Sandi mengatakan, UGM memiliki SOP terkait kedatangan capres/cawapres ke UGM menjalang Pemilu 2024. Jika konteksnya kampanye mereka harus diundang oleh UGM, dengan peserta mahasiswa UGM serta dilarang memobilisasi massa dan membawa alat peraga kampanye.

Dengan mencuatnya kasus ini terutama di media sosial, UGM meminta panitia penyelenggara memberikan klarifikasi.

"Ini sebagai proses belajar. Apalagi salah satu panitia penyelenggaranya yaitu M Khalid juga alumnus UGM," ungkapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement