Senin 20 Nov 2023 16:22 WIB

OTT Jaksa Bondowoso, Jaksa Agung Marah: Jangan Coba-Coba!

Jaksa Kejari Bondowoso kena OTT KPK Jaksa Agung minta jangan coba rusak nama adhyaksa

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Bilal Ramadhan
Kepala Kejari Bondowoso Puji Triasmoro (tengah) dan Kasi Pidsus Kejari Bondowoso Alexander Silaen (kiri) memakai rompi tahanan. Jaksa Agung minta jangan coba rusak nama Adhyaksa.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kepala Kejari Bondowoso Puji Triasmoro (tengah) dan Kasi Pidsus Kejari Bondowoso Alexander Silaen (kiri) memakai rompi tahanan. Jaksa Agung minta jangan coba rusak nama Adhyaksa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penangkapan dan penetapan tersangka dua jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Bondowoso, Jawa Timur (Jatim), oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai sangat memalukan Kejaksaan Agung (Kejakgung). Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan, peristiwa hukum tersebut sudah mencoreng reputasi baik kejaksaan yang saat ini menjadi lembaga penegak hukum terpercaya di mata publik.

Burhanuddin mengingatkan kembali kepada semua jajaran kejaksaan di Indonesia, untuk tidak coba-coba melakukan perbuatan tercela seperti korupsi yang sangat mengecewakan masyarakat.

Baca Juga

“Peristiwa Bondowoso telah membawa kemarahan dan kekecewaan (publik). Saya ingatkan integritas dan profesionalitas sudah sepatutnya menjadi standar minimum yang harus dimiliki oleh setiap insan adhyaksa,” kata Jaksa Agung melalui siaran persnya, Senin (20/11/2023).  

Ia pun menegaskan kembali konsistensi dirinya sebagai pemimpin Korps Adhyaksa untuk menindak tanpa ampun bagi anggota kejaksaan yang terlibat dalam praktik-praktik korupsi.

“Hentikanlah segala upaya-upaya untuk mencoba-coba mendekatkan diri dari perbuatan tercela yang kelak akan mencoreng nama baik, keluarga, juga institusi,” ujaranya.

Kata dia, peristiwa Bondowoso, harus menjadi pelajaran bagi semua jaksa untuk insaf, dan koreksi diri untuk mengembalikan kepercayaan publik.

“Saya tidak akan segan dalam memberikan, baik sanksi administratif, maupun pemidanaan terhadap jaksa-jaksa yang masih berupaya melakukan tindakan-tindakan tercela. Karena lebih baik membuang satu, dua orang daripada mengorbankan institusi,” kata Burhanuddin.

Saat ini, kata Burhanuddin, kepercayaan masyarakat terhadap Kejaksaan Agung masih pada angka 75,1 persen, tertinggi dari semua lembaga penegak hukum lainnya. Jaksa Agung meminta agar reputasi dipercaya publik tersebut terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Pada Rabu (15/11/2023) malam, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Bondowoso, Jatim dan di Jakarta. Dalam operasi tersebut, dua jaksa ditangkap bersama sejumlah pejabat daerah, dan beberapa swasta.

Pada Kamis (16/11/2023) KPK mengumumkan dua jaksa yang terjaring OTT tersebut adalah Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bondowo Puji Triasmoro alias PT dan Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasie Pidsus) Alexander Kristian Diliyanto Silaen alias AKDS.

KPK, pun mengumumkan kedua jaksa tersebut sebagai tersangka terkait korupsi dalam pengurusan perkara di Kejari Bondowoso. Keduanya, pun ditahan.

Pada Kamis (16/11/2023), setelah diumumkan sebagai tersangka dan tahanan oleh KPK, Jaksa Agung melalui Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana menyampaikan pemecatan terhadap kedua jaksa tersebut.

“Dari operasi tangkap tangan yang dilakukan ole KPK terhadap dua oknum jaksa di Bondowo, Jawa Timur, Jaksa Agung memerintahkan Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas) untuk pemecatan. Dan Jamwas, sudah melakukan pencopotan jabatan terhadap kedua oknum jaksa tersebut,” begitu kata Ketut.

Ketut pun menegaskan perintah Jaksa Agung agar tim bantuan hukum Kejaksaan Agung tak memberikan hak pendampingan terhadap kedua jaksa tersebut. Karena dikatakan Ketut, perbuatan yang dilakukan oleh dua jaksa tersebut, sangat memalukan institusi.

“Jaksa Agung menegaskan bahwa Kejaksaan Agung tidak membutuhkan jaksa-jaksa yang tidak bermoral,” begitu kata Ketut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement