Kamis 16 Nov 2023 15:13 WIB

Viral Balon Udara Ganjar-Mahfud di Monas, Pemprov DKI Beri Tanggapan

Pengelola Monas membantah ada pemasangan balon udara terkait capres-cawapres.

Rep: Haura Hafidzah/ Red: Erik Purnama Putra
Balon udara bergambar Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Monas, Jakarta Pusat, viral di X.
Foto: Republika.co.id
Balon udara bergambar Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Monas, Jakarta Pusat, viral di X.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beredar video viral di media sosial balon udara terpasang di kawasan Monas, Jakarta Pusat, bertuliskan capres Ganjar Pranowo-cawapres Mahfud MD 2024. Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Muhammad Isa Sanuri menjelaskan, jika video itu bukanlah kenyataan.

"Tidak ada (kegiatan politik). Penggunaan balon udara di kawasan Monas tidak bisa sembarangan," kata Isa saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta pada Kamis (16/11/2023).

Dia menjelaskan, untuk pemasangan balon udara di Monas harus mendapatkan izin dari Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) Kemensetneg. Sehingga, tidak bisa semua orang, apalagi kegiatan politik, memanfaatkan promosi di kawasan Monas.

"Karena ring satu atau objek vital setiap penerbangan drone, benda terbang, dan balon udara harus mendapatkan rekomendasi dari Setmilpres," kata Isa.

Sebelumnya, viral video di X yang diunggah akun @AREAJULID pada Rabu (15/11/2023). Dalam video tersebut terlihat Tugu Monas dikelilingi balon udara dengan foto pasangan Ganjar-Mahfud. Setelah diselidiki, video tersebut hanyalah animasi.

"Banyak balon udara Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di sekitar Monas, ada yang udah liat? Wdyt?" kata akun tersebut. Status itu pun memunculkan kehebotan hingga dikomentari warganet.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement