Kamis 16 Nov 2023 12:47 WIB

Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Wapres: Enak, Sebentar Sudah Sampai

Untuk pertama kalinya, Kiai Ma'ruf naik Kereta Cepat dari Jakarta ke Bandung.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin untuk pertama kalinya menjajal Kereta Cepat Whoosh saat hendak melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023).
Foto: Republika/ Fauziah Mursid
Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin untuk pertama kalinya menjajal Kereta Cepat Whoosh saat hendak melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin membagikan pengalamannya naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh untuk pertama kalinya pada Kamis (16/11/2023). Wapres memuji efektivitas waktu perjalanan dari Jakarta menuju Bandung yang hanya sekitar 40 menit dengan menggunakan kereta cepat. 

"Saya merasa enak sekali, sebentar sudah sampai sini. Itu saya kira. Tidak terasa," ujar Kiai Ma'ruf kepada wartawan seusai orasi ilmiah di Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023).

Kiai Ma'ruf menjelaskan, meski pada awalnya terdapat pro kontra, tetapi KCJB membuktikan diri sebagai transportasi publik yang memudahkan mobilitas masyarakat. Terbukti, kini perjalanan Jakarta-Bandung bisa ditempuh dalam waktu yang lebih singkat daripada sebelumnya.

"Contoh misal saya ke sini langsung, selesai ini saya balik lagi kereta lagi, siang nanti sudah ada acara di Jakarta. Jadi, ini memberikan kemudahan-kemudahan pada kita yang memang beraktivitas, seperti saya atau yang lain. Mungkin juga pengusaha dari Jakarta," ujar Kiai Ma'ruf.

 

Untuk itu, Wapres pun menganjurkan masyarakat untuk menggunakan KCJB sebagai pilihan transportasi menuju Bandung atau sebaliknya. Menurut dia, beroperasinya KCJB juga membuat aktivitas masyarakat Jakarta menuju Bandung maupun sebaliknya lebih efisien.

"Saya kira itu nilai baiknya ya, masalah yang soal pro kontra dan kontroversi itu barangkali sudah lewat, sekarang mari kita manfaatkan kereta api cepat ini yang tentu memberikan manfaat yang baik untuk kebaikan dan kegiatan-kegiatan kita ke depan untuk lebih cepat dalam beraktivitas," ujar RI 2.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement