Rabu 15 Nov 2023 22:32 WIB

Hadapi Pemilu 2024, Kapolda Metro Jaya Tegaskan Peran Penting Media

Kapolda Metro Jaya menegaskan peran penting media dalam menghadapi Pemilu 2024.

Rep: Ali Mansur/ Red: Bilal Ramadhan
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto. Kapolda Metro Jaya menegaskan peran penting media dalam menghadapi Pemilu 2024.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto. Kapolda Metro Jaya menegaskan peran penting media dalam menghadapi Pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menegaskan media massa memiliki peranan penting dalam menghadapi pemilihan umum (Pemilu) 2024. Dia juga berharap media massa bisa berperan menjadi pencerah dan edukasi kepada masyarakat untuk mewujudkan pesta demokrasi lima tahunan yang damai.

"Media memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk opini publik dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya partisipasi dalam Pemilu,” ujar Karyoto saat bersilaturrahmi dengan ratusan awak media yang tergabung dalam Forum Wartawan Polri (FWP) di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Karyoto berharap awak media dapat memberikan pencerahan dan edukasi kepada masyarakat tentang hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara dalam Pemilu 2024.

Dia berharap awak media dapat menghindari pemberitaan yang bersifat provokatif, tendensius atau mengandung hoaks yang dapat memicu konflik atau kerawanan sosial. Karena itu, ia menekankan pentingnya cooling system pemberitaan media untuk Harkamtibmas Pemilu damai.

 

Menurut Karyoto, cooling system adalah upaya untuk menyejukkan suasana dan menurunkan tensi politik yang mungkin meningkat menjelang pemilu. Kemudian Cooling system juga dapat dilakukan dengan cara memberikan ruang dialog dan diskusi antara para kontestan pemilu, penyelenggara pemilu, pengawas pemilu, aparat penegak hukum, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan media.

"Kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan pandangan politik yang ada di masyarakat. Serta harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di atas segala kepentingan pribadi atau golongan. Bersikap toleran dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dalam berkompetisi di Pemilu, bersama-sama menjaga kondusifitas Kambtibmas agar Pemilu dapat berlangsung aman, lancar dan sukses," tutur Karyoto.

Selanjutnya, kata Karyoto, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan media dalam memberantas tindak pidana yang dapat mengganggu jalannya Pemilu. Lalu dia juga meminta media untuk melaporkan segala bentuk gangguan Kamtibmas yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Kami berharap media dapat memberikan masukan dan kritik yang membangun kepada kami. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang selama ini telah terjalin baik antara media dan Kepolisian," harap Kapolda Metro Jaya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement