Selasa 14 Nov 2023 23:58 WIB

Ini Tips Jadi Pemimpin Masa Depan dari IA-ITB Jakarta

Generasi muda harus mampu mengasah kemampuan empati dan kritis.

Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Jakarta berkolaborasi dengan Id Next Leader dan komunitas kepemudaan lainnya memberikan tips menjadi pemimpin masa depan dalam Future Leader Fest 2023.
Foto: istimewa
Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Jakarta berkolaborasi dengan Id Next Leader dan komunitas kepemudaan lainnya memberikan tips menjadi pemimpin masa depan dalam Future Leader Fest 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Jakarta berkolaborasi dengan Id Next Leader dan komunitas kepemudaan lainnya memberikan tips menjadi pemimpin masa depan dalam Future Leader Fest 2023. Acara yang digelar di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada akhir pekan lalu ini (11/11/2023) menghadirkan sejumlah tokoh muda inspiratif. Mayoritas generasi Z dan milenial hadir sangat antusias mengikuti diskusi dan pembelajaran tentang kepemimpinan. 

“Kita menghadapi banyak sekali tantangan zaman sekarang ini seperti volatality, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA). Kepemimpinan untuk masalah seperti ini tidak bisa lagi kepemimpinan yang otoriter main tunjuk-tunjuk saja, tetapi juga harus dapat yang menggugah dan mengajak segenap elemen didalam organisasi untuk mau ke arah yang sama, " ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, yang hadir dalam Future Leader Fest, pada Sabtu (11/11/2023). 

Baca Juga

Emil menambahkan bahwa untuk menjadi pemimpin masa depan, generasi muda harus mampu mengasah kemampuan dalam hal berempati dan kepekaan dalam komunikasi. 

Pemimpin masa depan juga harus kritis dan multitasking. “Tanpa adanya kompetensi seperti itu (kritis dan multitasking) akan sulit menyelesaikan proyek MRT dengan cepat dan tepat waktu. Dan ini merupakan pengakuan dari dunia bahwa MRT Jakarta pada fase 1 dapat diselesaikan dalam waktu sesuai rencana, yakni 6 tahun,” ujar Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Weni Maulina, yang juga hadir sebagai narasumber.

Ketua IA-ITB Jakarta, Damoza Nirwan yang membuka acara dalam sambutannya menekanan bahwa IA-ITB Jakarta sudah sepatutnya memberikan kontribusi kembali kepada negara. Ini antara lain diwujudkan melalui acara Future Leader Fest 2023.

"Tujuannya adalah untuk menampilkan pemimpin-pemimpin yang memiliki track record kepemimpinan sejak masih muda yang bisa kita pelajari dan memberikan inspirasi ke depannya bagi kita juga untuk membangun sikap kepemimpinan seperti yang mereka miliki," kata dia.

Dengan mengusung tema "Berkontribusi Untuk Negeri," IA-ITB Jakarta berharap Future Leader Fest 2023 dapat menjadi platform bagi anak-anak muda Indonesia untuk memahami peran dan tanggung jawab mereka dalam membangun masa depan bangsa. Acara ini sekaligus menjadi dedikasi IA-ITB Jakarta kepada masyarakat secara positif, khususnya generasi muda, dalam bidang kepemimpinan.

Sesi Pertama perhelatan Future Leader Fest 2023 ini menampilkan keynote speaker Pradana Indraputra selaku staf khusus Menteri Investasi dan narasumber lainnya. Mulai dari Hokkop Situngkir (Co-Founder Id Next Leader), Agustin Peranginangin (Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur), dan Weni Maulina (Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta).

Pada sesi kedua menyuguhkan keberagaman pandangan dengan kehadiran keynote speaker Nasruddin Djoko Surjono selaku Kepala BP-BUMD DKI Jakarta beserta Insyira Muthia Khansa (finalis Putri Indonesia 2023 dari Aceh). Kemudian Nurul Ummah (Ketua Umum IPPNU), Andira Reoputra (Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya), serta Billy Mambrasar (staf khusus Presiden RI). Pada acara puncak, dihadiri oleh Emil Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur) dan Fajrin Rasyid (Direktur Bisnis Digital PT Telekomunikasi Indonesia).

Stanno Yudha Putra selaku ketua panitia Future Leader Fest 2023 berharap acara ini akan menjadi pencapaian luar biasa bagi perjalanan kepemimpinan di Tanah Air. "Acara ini adalah awal dari sebuah perjalanan panjang itu. Kami berharap semangat kepemimpinan yang telah tumbuh di sini akan terus berkembang dan memancar ke berbagai lapisan masyarakat.” 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement