Rabu 05 Jul 2023 13:42 WIB

Semester I 2023, Okupansi Penumpang di Bandara Hang Nadim Meningkat

Sebanyak 2.005.302 penumpang datang dan berangkat melalui Bandara Hang Nadim.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam mencatat pertumbuhan jumlah penumpang selama Semester I Tahun 2023.
Foto: BP Batam
Bandara Internasional Hang Nadim Batam mencatat pertumbuhan jumlah penumpang selama Semester I Tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Bandara Internasional Hang Nadim Batam mencatat pertumbuhan jumlah penumpang selama Semester I Tahun 2023. Sebanyak 2.005.302 penumpang datang dan berangkat atau rata-rata per hari 11.079 penumpang telah dilayani Bandara Internasional Hang Nadim dari Januari hingga Juni 2023.

Dari catatan PT Bandara Internasional Batam (BIB), jumlah penumpang ini mengalami peningkatan sebesar 18.86 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2022 yang mencatatkan jumlah penumpang sebanyak 1.690.136 penumpang.

Baca Juga

Dengan meningkatnya jumlah penumpang tersebut, jumlah penerbangan selama Januari hingga Juni 2023 juga mengalami peningkatan sebesar 28.68 persen atau sebanyak 15.113 penerbangan pada semester I tahun 2023 ini. Begitu juga untuk cargo yang meningkat sebanyak 32.46 persen atau semester I 2023 mencatatkan 14.822 ton kargo.

Masih dalam catatan PT BIB, penumpang datang dan berangkat didominasi dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta sebesar 32.52 persen, kemudian disusul Bandara Kuala Namu Medan 12.64 persen, serta Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru 10.97 persen.

photo
Bandara Internasional Hang Nadim Batam mencatat pertumbuhan jumlah penumpang selama Semester I Tahun 2023. - (BP Batam)

 

Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), Muhammad Rudi berharap, kembali normalnya pergerakan penumpang ke Batam memberikan efek positif bagi perekonomian Batam. Hal ini sejalan dengan upayanya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Batam pada tahun 2023.

Dimana pada tahun 2023 ini, Muhammad Rudi berkomitmen untuk meningkatkan persentase ekonomi Kota Batam menjadi 7 persen. Namun demikian, semua pihak juga tidak boleh lengah untuk kompak dan bersatu dalam mendukung pembangunan di Batam.

Karena pembangunan infrastruktur merupakan kunci untuk mendatangkan lebih banyak lagi orang ke Batam, sehingga dapat menaikkan pertumbuhan ekonomi Batam. “Semua harus bersiap menyambut ini. Pemerintah sudah membangun sejumlah infrastruktur di Kota Batam,” ujarnya.

Rudi optimistis, pertumbuhan ekonomi Kota Batam bakal lebih baik lagi ke depan. Mengingat, percepatan pembangunan infrastruktur juga terus berlangsung. Seperti peningkatan dan pelebaran jalan utama, pembangunan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, serta pengembangan dan peningkatan Pelabuhan Batu Ampar.

“Saya tak bisa bekerja sendiri, pembangunan ini membutuhkan dukungan masyarakat. Kita punya tanggung jawab bersama-sama untuk membangun Kota Batam ke depan untuk jadi kota yang modern,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement