Senin 13 Nov 2023 11:56 WIB

Kenali Lebih Dekat Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI

Sistem Informasi Akuntansi memadukan ilmu sistem informasi dengan akuntansi.

Mengenal Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Mengenal Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum memutuskan program studi (prodi) yang akan ditempuh dalam studi lanjut, calon mahasiswa perlu memahami dan mengenali dengan jelas pilihan program studi yang akan mereka ambil. Salah satunya adalah Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika.

Beberapa pertanyaan penting perlu dijawab dengan baik sebelum memutuskan untuk mengikuti program studi ini. Pertanyaan pertama yang perlu dijawab adalah apa itu Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information System)?

Baca Juga

Adi Supriyatna selaku Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI menjawab bahwa Sistem Informasi Akuntansi memadukan ilmu sistem informasi dengan akuntansi. Dalam dunia teknologi informasi yang berkembang pesat, praktisi TI perlu memahami manajemen dan keuangan agar dapat mengelola organisasi dengan lebih efisien.

“Program sarjana muda di Universitas BSI memberikan dasar-dasar akuntansi dan bisnis yang dibutuhkan oleh seorang analis sistem. Ini juga memberikan pengetahuan untuk merancang dan membangun sistem informasi yang terkomputerisasi, dengan fokus pada penelitian sistem informasi untuk mencapai tujuan strategis Perusahaan,” ujar Adi dalam keterangan rilis, Senin (13/11/2023). 

Pertanyaan kedua adalah mengapa memilih jurusan ini? Program studi ini menawarkan dua ilmu sekaligus, yaitu sistem informasi dan akuntansi. Kedua bidang ilmu ini sangat relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. 

“Perusahaan dan organisasi mencari profesional TI untuk mengembangkan program yang mendukung operasional mereka, termasuk pengelolaan keuangan,” ujarnya.

Pertanyaan ketiga adalah apa saja mata kuliah yang ditawarkan dalam program SIA? Muatan mata kuliah akan mempengaruhi keahlian dan kompetensi lulusan. Mata kuliah yang diajarkan dalam Prodi SIA Universitas BSI mencakup berbagai topik seperti pemrograman, akuntansi keuangan, konsep sistem informasi, pengembangan sistem informasi akuntansi, manajemen basis data, pengembangan aplikasi bisnis, serta topik-topik lain yang relevan.

Pertanyaan keempat adalah tentang prospek karier lulusan Prodi SIA. Lulusan program studi Sistem Informasi Akuntansi di Universitas BSI dipersiapkan untuk menjadi ahli di bidang akuntansi komputer. Mereka memiliki berbagai pilihan karier, termasuk menjadi analis sistem, analis bisnis, konsultan bisnis, konsultan komputer, dan berkarir di berbagai instansi, baik swasta maupun pemerintah.

Adi berharap, semoga penjelasan ini membantu calon mahasiswa dalam mengenal lebih dekat dengan Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) di Universitas BSI. “Keputusan ini akan menjadi langkah awal yang penting dalam membentuk masa depan dan karier yang sukses,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement