Sabtu 11 Nov 2023 05:14 WIB

Jokowi Dijadwalkan ke Arab Saudi dan Amerika Serikat, Ini Agendanya

Presiden Jokowi akan bertemu Joe Biden menyampaikan sikap Indonesia tentang Gaza.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi melakukan kunjungan luar negeri ke Arab Saudi dan Amerika Serikat.
Foto: istimewa
Presiden Jokowi melakukan kunjungan luar negeri ke Arab Saudi dan Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bertolak ke Riyadh, Arab Saudi pada Jumat (10/11/2023) malam WIB, dari Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Dalam kunjungannya,  Jokowi akan menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk membahas situasi di Gaza, Palestina.

"Malam ini saya bersama-sama dengan delegasi terbatas akan melakukan kunjungan ke Riyadh, Arab Saudi untuk menghadiri KTT Luar Biasa OKI yang akan membahas situasi di Gaza," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden dikutip pada Sabtu (11/11/2023).

Menurut dia, KTT OKI sangat penting sebagai upaya tambahan untuk menghentikan serangan Israel terhadap Palestina. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi akan mempertegas seruan agar segera dilakukan gencatan senjata dan juga meningkatkan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Palestina.

"Saya akan pertegas serukan agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar," ujar Jokowi.

Usai menghadiri KTT Luar Biasa OKI di Riyadh, Arab Saudi, Jokowi kemudian  melanjutkan perjalanannya ke Washington DC, Amerika Serikat (AS) pada Ahad (12/11/2023). Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi akan bertemu Presiden AS Joe Biden untuk mempertegas posisi Indonesia terkait kondisi Gaza.

Selain itu, Jokowi juga akan menyampaikan hasil KTT OKI kepada Joe Biden. "Kunjungan ini juga merupakan kesempatan baik untuk langsung menyampaikan hasil KTT OKI di Riyadh yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan," jelas Jokowi.

Setelah bertemu Joe Biden, Jokowi kemudian akan menuju ke San Fransisco untuk menghadiri KTT APEC. Dalam KTT APEC itu, Jokowi akan membawa isu pembangunan berkelanjutan dan pembangunan inklusif.

"Dari Washington DC saya akan menuju ke San Fransisco untuk menghadiri KTT APEC dan isu pembangunan berkelanjutan, pembangunan inklusif merupakan dua isu yang akan dibawa Indonesia dalam KTT APEC," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga akan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dan pertemuan dengan kalangan pebisnis di sela-sela KTT APEC di San Fransisco. Jokowi rencananya akan kembali ke Tanah Air pada 17 November 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement