Jumat 10 Nov 2023 23:29 WIB

Alam Ganjar dan Ketum TPN Ajak Generasi Muda Ikuti XVG Talent, Lomba Cipta Lagu

Musik hadir sebagai inspirasi, sekaligus serangkaian program pembentuk kreativitas.

Panitia XVG Talent Lomba Cipta Lagu dan Kompetisi bernyanyi Suara Anak Muda untuk Ganjar-Mahfud.
Foto: Dok. Web
Panitia XVG Talent Lomba Cipta Lagu dan Kompetisi bernyanyi Suara Anak Muda untuk Ganjar-Mahfud.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muhammad Zinedine Alam Ganjar, putra dari Ganjar Pranowo bersama Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024, Arsjad Rasjid mengapreasi

XVG Talent Lomba Cipta Lagu dan Kompetisi bernyanyi “Suara Anak Muda untuk Ganjar-Mahfud”.

Baca Juga

XVG TALENTS adalah program kampanye relawan Extravaganjar (XVG) yang sengaja dibuat untuk menyentuh secara langsung para Gen Z, yang masuk dalam kategori pemilih pemula. Jumlahnya mencapai 35 juta jiwa. Mereka diharapkan berpartisipasi aktif pada Pemilu, 14 Februari 2024, melalui pendekatan musikal.

Menurut Alam Ganjar, kesempatan tersebut sangat bermanfaat lantaran disukai banyak kalangan dan tidak hanya generasi muda.

 

Musik hadir sebagai inspirasi, sekaligus serangkaian program pembentuk ruang-ruang kreatif terbuka sebagai fondasi pendongkrak kualitas musik masa mendatang.

"Ini harus menjadi wadah pergerakan kemajuan musik Tanah Air. Sehingga harus dijaga, dirawat, semacam menjadi satu agar marwahnya terjaga," kata  Alam Ganjar di Rumah Kita XGV, Jalan Tangkas Baru, Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/23).

“Saya sangat senang musik namun tidak bisa bermain musik. Sejak kecil, bapak sering mengajak saya jalan-jalan le kantor radio atau melihat acara musik, untuk mendengarkan musik atau tebak-tebakan judul musik. Sehingga, lagu lokal maupun internasional saya paham betul," tambah sosok yang pernah mengharumkan Indonesia kala membawa pulang medali emas dalam kompetisi sains di Korea Selatan pada 2015 ini. 

Arsyad juga membahas tentang berbagi tentang visi besar Indonesia Emas 2045 dan peran para pemuda pelaku industri digital di dalamnya. Selain itu, Arsjad juga membahas peran penting menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing di pasar kerja.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak atas upaya teman-teman dan mendorong relawan lainnya menjalankan upaya serupa dalam hal apa saja. Kita harus menantang anak muda untuk menggali minat dan bakat mereka," kata Arsyad.

"Ini waktunya generasi muda untuk tampil, berkonstribusi dan membuktikan Indonesia unggul dan maju. Saya menyampaikan bahkan Pak Ganjar dan Mahfud mendukung penuh dan menjadi visi untuk mengembangkan pelaku dan industri ekonomi kreatif nasional," kata dia menegaskan.

Selanjutnya, untuk mencapai target tersebut, maka XVG Talents diharapkan dengan menyentuh langsung dunia generasi muda melalui kompetisi musik; Lomba Cipta Lagu, Kompetisi Band/Vokal Grup, Kompetisi Solois. Mereka akan mencipta lagu sendiri, tentang pesona Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, dan menyanyikan lagu karya orang lain, tentang Ganjar-Mahfud MD.  

"Kualitas pemilihan umum salah satunya ditentukan oleh besarnya partisipasi anak muda. Anak muda yang menjadi peserta diharapkan memberikan suara untuk Ganjar- Mahfud,” kata Adi ‘KLa’ Adrian, Ketua Umum XVG.

“XVG Talents menjadi ruang ekspresi bagi mereka yang punya bakat mencipta lagu, menyanyi dan bermain musik, sebagai persiapan dini masuk ke industri musik. Sekaligus diharapkan agar kelak hasil karya mereka, membuat anak muda Indonesia, melek politik,” ujar Fendy Mugni, Sekjen XVG.

Ketua Pelaksana, Raiden Soedjono- drummer Sucker Head- menyebutkan bahwa XVG Talents melibatkan Dewan Juri dari kalangan musisi professional, sutradara musik video, komika, produser musik, dan wartawan musik pemegang Sertifikat Juri Musik Nasional.

Mereka adalah Ian ‘Godbless’ Antono, Adi ‘KLa’ Adrian, Once Mekel, Anang Hermansyah, Edo ‘Voodoo’ Widiz, Willy ‘Sket’, Ruth Sahanaya, Sandy Canester, Sandy Andarusman, Cak Lontong, Oleg Sanchabactiar, Febri ‘Hivi’ Nindyo, John Paul Ivan, Eka Deli, Fajar Satritama, Trison ‘Roxx’, Barry Likumahuwa, Andy Rif, Lita Zen, Buddy ACe, Mudya Mustamin, dan Ryan ‘Ncek’ Kampua.

“Harapan kami, peserta yang bisa berpartisipasi mengikuti XVG Talents berasal dari seluruh Indonesia, bahkan berasal dari anak muda Indonesia yang tinggal di luar negeri,” ucap Raiden Soedjono.

Sebagai apresiasi terhadap karya dan bakat, maka Extravaganjar akan memberikan hadiah total untuk para pemenang hingga ratusan juta rupiah. Adapun cara pendaftaran peserta, pertama hasil karya didaftarkan melalui google form: https://bit(dot)ly/XVGTalent-2023, mengisi pendaftaran dengan lengkap, unggah lirik lagu, Kartu Tanda Penduduk, foto dalam format PDF, unggah hasil karya cipta dalam format MP3/WAV, peserta akan menerima email konfirmasi pendaftaran jika berhasil mengunggah karya didalam google form tersebut, peserta wajib follow akun @extravaganjarofficial, seluruh pengumuman informasi mengenai karya cipta akan dilakukan di social media akun @extravaganjarofficial.

Sebelumnya, musisi seperti Once Mekel menyampaikan aspirasi agar bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo memberi perhatian dan kepedulian terhadap insan musik Indonesia.

 

"Kami berharap ada dukungan terhadap performer dan pencipta lagu," kata Once saat berdialog dengan Ganjar Pranowo di acara Gercep Bareng Kreator di Saung Berkah, Kabupaten Bogor, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement