Senin 06 Nov 2023 09:33 WIB

Fadli Zon: Serangan Israel ke Palestina adalah Bentuk Genosida

Aksi Bela Palestina di Monas diikuti lebih dari dua juta orang.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Agus raharjo
Ribuan massa mengikuti Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Kawasan Monas, Jakarta, Ahad (5/11/2023). Dalam aksi tersebut mereka mengecam Serangan Israel ke Palestina yang telah menewaskan ribuan warga Palestina.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ribuan massa mengikuti Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Kawasan Monas, Jakarta, Ahad (5/11/2023). Dalam aksi tersebut mereka mengecam Serangan Israel ke Palestina yang telah menewaskan ribuan warga Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan aksi serangan Israel ke Palestina merupakan bentuk genosida. Menurutnya, untuk menyelesaikan hal tersebut negara-negara yang cinta perdamaian harus bersatu.

"Menurut saya sudah jadi genosida, ya kita melihat bahwa apa yang terjadi hari ini adalah kejahatan terhadap kemanusiaan dan kita harus menghimpun negara-negara yang di dunia yang cinta perdamaian termasuk di Timur Tengah agar bisa menghentikan kekejaman Israel terhadap Palestina," kata Fadli kepada wartawan di acara Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat pada Ahad (5/11/2023).

Baca Juga

Ia pun menceritakan kalau ia bersama Prabowo pernah ke Yordania, Timur Tengah. Saat itu, ia mengajak Prabowo ke Masjid Al-Aqsa. Dalam kesempatan itu, Prabowo bersumpah tidak akan menginjakkan kaki lagi disana hingga Palestina merdeka.

"Pak Prabowo sangat mengecam apa yang terjadi di Gaza sekarang ini, beliau juga sejak awal menyatakan dukungan kepada kedaulatan dan Palestina merdeka. Saya tahu beliau dari dulu bahkan ketika beliau berada di Yordania, itu saya pernah ajak ke Masjid Al-Aqsa, Pak Prabowo mengatakan saya tidak akan menginjakkan kaki di sana sampai Palestina merdeka, kira-kira begitu," kata dia.

Diketahui, acara ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua DPR Puan Maharani, Anggota Komite Eksekutif Interparliamentary Union (IPU) Fadli Zon dan bakal cawapres Anies Baswedan.

Sebelumnya diketahui, aksi bela Palestina di gelar di Monas, Jakarta Pusat, Ahad (5/11/2023). Massa aksi bela Palestina terus berdatangan dari berbagai penjuru wilayah ke Monas.

Mereka datang dari wilayah DKI Jakarta dan luar Jakarta. Massa yang datang dari arah Jakarta Timur atau dari arah Jakarta Utara dengan menggunakan kendaraan motor dan mobil, harus parkir di Jalan Kwitang untuk bisa sampai ke Monas.

Jarak Kwitang ke Monas sekitar 2 kilometer dan mereka harus berjalan kaki untuk sampai ke Monas tempat digelarnya aksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement