Senin 06 Nov 2023 08:32 WIB

Fadli Zon Ungkap Alasan Prabowo tidak Hadir di Aksi Bela Palestina

Prabowo tak menghadiri Aksi Bela Palestina di Jakarta.

Rep: Haura Hafizah/ Red: Muhammad Hafil
Sejumlah tokoh nasional menghadiri  Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Kawasan Monas, Jakarta, Ahad (5/11/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah tokoh nasional menghadiri Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Kawasan Monas, Jakarta, Ahad (5/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengungkapkan alasan bakal calon presiden (Capres) Prabowo Subianto yang tidak hadir dalam aksi bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat pada kemarin (5/11/2023). Ia mengaku Prabowo ada kegiatan lain. 

"Ya, Pak Prabowo kebetulan juga ada kegiatan yang lain, Pak Prabowo jelas sangat mendukung kedaulatan dan kemerdekaan palestina di berbagai kesempatan," kata Fadli kepada wartawan di acara Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat pada Ahad (5/11/2023).

Baca Juga

Ia menjelaskan Prabowo juga mengecam apa yang terjadi sekarang ini di Gaza dan apa yang dilakukan oleh Israel ini harus dihentikan. Kekejaman Israel terhadap Palestina ini merupakan kejahatan perang, kejahatan kemanusiaan dan kekejaman yang luar biasa.

"Saya kira satu lagi pesannya itu hentikan standar ganda kemunafikan dan ini dipertontonkan oleh negara-negara yang mungkin mempunyai pengalaman di dalam melakukan kolonialisme dan imperialisme.

Residu sisa-sisa kolonialisme dan imperialisme itu masih ada dan ini yang dilakukan Israel terhadap Palestina," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Aksi lintas agama bela Palestina tidak hanya dihadiri massa aksi yang memadati kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Ahad (5/11/2023). Sejumlah tokoh nasional juga hadir seperti Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK), Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjie Effendy, Ketua DPR RI Puan Maharari, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Anggota DPD RI Sylviana Murni.

Menlu Retno LP Marsudi menegaskan sikap dan posisi Pemerintah Indonesia yang mendukung kemerdekaan rakyat Palestina. Karena itu, melalui aksi bela Palestina ini menjadi langkah dukungan masyarakat Indonesia kepada rakyat Palestina.

"Dan kemarin bantuan tahap pertama sudah diberangkatkan dan dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo. Dan ini bukan hanya bantuan dari Pemerintah tetapi dari seluruh rakyat Indonesia yang disalurkan melalui lembaga-lembaga kemanusiaan. Terimakasih kepada rakyat Indonesia," ujar Retno.

Sementara, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh rakyat Indonesia melakukan shalat gaib bagi warga Palestina yang menjadi korban agresi Israel. Ia juga mengajak seluruh rakyat Indonesia sekaligus mendoakan bangsa Palestina agar mendapat keadilan dan kemerdekaannya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement