Jumat 03 Nov 2023 16:33 WIB

Prabowo-Gibran Dinilai Pemimpin Pilihan Akar Rumput pada Pilpres 2024

Di survei, Prabowo-Gibran dapat dukungan terbanyak dari petani, peternak, dan nelayan

Pasangan capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka menyapa awak media saat tiba untuk menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Pasangan capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka menyapa awak media saat tiba untuk menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, disebut menjadi kandidat yang paling masif meraih simpati akar rumput. Masyarakat menilai pasangan Prabowo-Gibran adalah pilihan terbaik pada Pilpres 2024

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas, menjelaskan, Prabowo-Gibran merupakan capres-cawapres yang sangat pro rakyat kecil. Dukungan masyarakat membuat elektabilitas Prabowo-Gibran meninggalkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar.

"Prabowo-Gibran unggul disebabkan unggul di segmen-segmen besar, seperti masyarakat akar rumput," kata Hanggoro dalam siaran pers di Jakarta dikutip Jumat (3/11/2023).

Keunggulan di kalangan akar rumput tersebut tecermin dari komitmen Prabowo-Ganjar untuk melanjutkan program pembangunan yang  dijalankan Presiden Jokowi. Prabowo-Ganjar sudah membocorkan banyak program untuk rakyat jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden RI periode berikutnya.

Dalam dokumen yang bertajuk 'Prabowo-Gibran 2024 Bersama Indonesia Maju', terdapat delapan program hasil terbaik cepat yang akan dilaksanakan Prabowo-Gibran. Semua program itu mencakup berbagai hal, mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga keberlanjutan pembangunan menuju Indonesia Emas 2045.

Di antara program baik itu, adalah memberi makan siang dan susu gratis di sekolah, menurunkan angka penyakit TBC, mencetak dan meningkatkan produktivitas lahan pertanian. Kemudian, menguatkan sistem kartu kesejahteraan, menaikkan gaji guru hingga dosen, hingga mendirikan badan penerimaan negara.

Program hasil baik itu mendapatkan banyak dukungan positif dari akar rumput berdasarkan hasil survei yang diadakan Indikator Politik Indonesi periode 16-20 Oktober 2023. Prabowo-Gibran meraih dukungan tertinggi dari kalangan pemilih yang mempunyai pekerjaan petani, peternak, dan nelayan sebesar 42,6 persen.

Kemudian, dari pemilih yang memiliki latar belakang pekerjaan buruh kasar hingga sopir atau ojek, Prabowo-Gibran mengantongi dukungan sebesar 40,9 persen. Terakhir, Prabowo-Gibran meraup dukungan besar dari pemilih yang punya latar belakang pekerjaan guru atau dosen, hingga ibu rumah tangga.

Dari kelompok pemilih yang bekerja sebagai guru atau dosen, memilih Prabowo-Gibran sebesar 34,4 persen, diikuti ibu rumah tangga dengan 37,2 persen dukungan. "Prabowo-Gibran lebih mudah mendapat simpati karena sifatnya yang semakin lembut dan disukai masyarakat," ujar Hanggoro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement