Selasa 31 Oct 2023 15:42 WIB

Tangsel Siapkan RSUD Tempat Perawatan Pasien Cacar Monyet

Kedua pasien cacar monyet di Tangsel sedang menjalani perawatan isolasi intensif.

RSUD Kota Tangerang Selatan (Tangsel).
Foto: Republika/Abdurrahman Rabbani
RSUD Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan Banten menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sebagai tempat penanganan dan perawatan bagi pasien pengidap cacar monyet.

"RSUD di Kota Tangerang Selatan sudah siap merawat pasien cacar monyet. Kami sudah memberikan pedoman pencegahan dan pengendalian penyakit tersebut kepada tenaga kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Allin Hendalin Mahdaniar, Selasa (31/10/2023).

Baca Juga

Hal itu sebagai langkah dalam kesiapan Pemkot Tangsel menangani cacar monyet di wilayah Tangerang Selatan. Selain itu, ia juga sudah melakukan sosialisasi, edukasi kepada tenaga kesehatan dan masyarakat tentang cacar monyet, serta memperkuat sistem surveilans yang sudah ada untuk melakukan investigasi maupun pelacakan kontak.

"Adapun penanganan pasien cacar monyet, selain diberikan pengobatan, pasien akan diisolasi, bisa dengan isolasi mandiri maupun rumah sakit," katanya.

 

Sejauh ini, di Kota Tangerang Selatan telah ditemukan kasus pertama cacar monyet yang diidap dua orang laki-laki dengan usia 24 dan 31 tahun. "Kasus pertama laki-laki domisili baru 10 bulan di Kota Tangerang Selatan, KTP luar Tangerang Selatan, berusia 24 tahun. Kasus kedua laki-laki domisili dan KTP Kota Tangerang Selatan berusia 31 tahun," ujarnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium per 30 Oktober 2023, kata Allin, kedua pasien terdeteksi mengalami gejala demam, lesi di tangan, wajah, dan badan. Dari seluruh pasien yang teridentifikasi itu, saat ini sedang menjalani perawatan isolasi secara intensif dengan masa perawatan akan dilakukan hingga sembuh sempurna.

"Keduanya tidak ada komorbid, kondisi saat ini sudah ditangani, dilakukan isolasi, tidak ada keluhan, kontak eratnya dilakukan pemantauan oleh puskesmas setempat," ujarnya.

Dengan temuan kasus cacar monyet itu, Pemkot Tangsel mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada dengan meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) serta meningkatkan protokol kesehatan.

"Jika mengalami gejala cacar monyet, maka segera ke fasilitas pelayanan kesehatan atau rumah sakit agar mendapatkan pengobatan simtomatik dan suportif untuk meringankan gejala yang ada hingga mencegah terjadinya infeksi sekunder," kata Allin.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement