Sabtu 28 Oct 2023 00:05 WIB

Kemarau Panjang, Warga Yogyakarta Diimbau Lakukan Sholat Istighosah

Warga Yogyakarta diminta mengikuti sholat istighosah di Balai Kota Yogyakarta.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Nora Azizah
Warga Yogyakarta diminta mengikuti sholat istighosah dalam rangka meminta turunnya hujan.
Foto: Dok Republika
Warga Yogyakarta diminta mengikuti sholat istighosah dalam rangka meminta turunnya hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Warga Kota Yogyakarta yang beragama Islam diajak untuk mengikuti shalat istighosah dalam rangka meminta turunnya hujan di musim kemarau 2023 ini. Shalat istighosah akan dilaksanakan di Halaman Balai Kota Yogyakarta pada pukul 06.30 WIB, Sabtu (28/10/2023). 

"Kami mengundang seluruh masyarakat tanpa kecuali. Harapannya, banyak masyarakat yang ikut melaksanakan salat Istighosah dengan penuh keyakinan," kata Wakil Ketua II Baznas Kota Yogyakarta, Abdul Samik, Jumat (27/10/2023). 

Baca Juga

Abdul mengatakan bahwa kondisi saat ini sedang mengalami kemarau panjang yang mengakibatkan beberapa daerah mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih. Atas kondisi tersebut, Baznas Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan salat istighosah bersama untuk meminta hujan kepada Allah SWT. 

“Disamping kita berupaya memberikan materi-materi berupa air bersih dan air minum untuk saudara-saudara kita yang kekeringan di beberapa wilayah di sekitar kita, kita akan mencoba juga untuk berdoa yang didalam agama Islam ada tuntunan shalat istighosah meminta hujan supaya turun dan kekeringan ini segera berakhir,” ungkap Abdul. 

Sementara itu, Sekretaris Baznas Kota Yogyakarta, Misbahrudin mengatakan bahwa pihaknya telah menyalurkan bantuan air bersih hingga 161 tangki atau setara dengan 805.000 liter ke beberapa lokasi di DIY. Mulai dari Dlingo, Ponjong, Purwosari, Tepus, Saptosari, Panggang, dan Girimulyo.

“Ikhtiar lahir yang sudah kita lakukan terhadap saudara-saudara kita yang mengalami kekurangan air ya sampai hari ini sudah mendistribusikan sejumlah 161 tangki atau setara dengan 805.000 liter. Sumber dari pendanaan untuk pengadaan air bersih alhamdulillah itu dari masyarakat bahkan anak-anak sekolah dan di madrasah juga sangat antusias,” kata Misbahrudin.

Selain itu, Baznas Kota Yogyakarta juga telah menyumbangkan dana sebesar Rp 43.788.900 pada 17 Oktober 2023 melalui Baznas RI untuk Maroko dan Turki yang sedang mengalami bencana. Pihaknya juga tengah mengumpulkan dana untuk disumbangkan ke Palestina menyusul meningkatnya eskalasi konflik dengan Israel. 

"Dan seperti yang telah disampaikan bahwa seluruh infak atau zakat dari shalat Istighosah akan disumbangkan ke Palestina untuk membantu saudara-saudara kita,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement