Kamis 26 Oct 2023 00:20 WIB

Cerita Awal Mula 'Konflik' Jokowi dan Megawati Versi Adian Napitupulu

Hubungan Jokowi dengan PDIP kini dipertanyakan seusai Gibran jadi cawapres Prabowo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).
Foto:

Presiden Jokowi mengaku hubungannya dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri masih baik setelah putranya Gibran Rakabuming Raka yang juga Wali Kota Solo maju sebagai calon wakil presiden 2024 mendampingi Prabowo Subianto. "Baik-baik saja," kata Jokowi seusai menghadiri Investor Daily Summit di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Jokowi pun menyerahkan kepada masyarakat soal penilaian dinasti politik keluarganya. "Ya itu kan masyarakat yang menilai," kata dia.

Menurut dia, rakyatlah yang menentukan pemimpinnya baik dalam pemilihan pilkada maupun pilpres. Pemilihan pemimpin, kata dia, tidak dilakukan oleh elite partai. Hal itu disebutnya sebagai bentuk demokrasi di Indonesia.

"Dalam pemilihan vote baik itu di pilkada, di pemilihan wali kota, pemilihan bupati, pemilihan gubernur, dan presiden itu semuanya yang memilih itu rakyat yang menentukan itu rakyat, yang mencoblos itu rakyat, bukan itu bukan elite bukan partai. Itulah demokrasi," kata Jokowi.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung pun menyebut hubungan antara Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri masih baik-baik saja setelah putra Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka maju menjadi cawapres. Bahkan Pramono menyebut hubungan keduanya tetap cerah ceria. 

"Ya pokoknya hubungannya baik-baik saja, cerah ceria, dan rumor yang beredar itu udah nggak bener lah," ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/10/2023) 

Saat ditanya terkait status Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka apakah masih bergabung dengan PDIP, Pramono enggan menjawabnya. "Ah itu urusan partai, saya Sekretaris Kabinet, urusannya di sini," kata dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement