Ahad 22 Oct 2023 18:51 WIB

PKS Optimistis Anies-Muhaimin Raup Suara di Jawa dan Luar Jawa

Menurut Aboe, mesin partai yang ada di Koalisi Perubahan akan bekerja maksimal.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Andri Saubani
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar hadir melakukan medical check up di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023).
Foto: Republika/ ALI MANSUR
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar hadir melakukan medical check up di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengaku optimistis atas peluang kemenangan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024. Ia meyakini, pasangan Amin akan meraup banyak suara di Jawa maupun luar Jawa.

Ia berpendapat mesin partai-partai yang ada di Koalisi Perubahan akan bekerja secara maksimal dalam rangka mendulang suara di Jawa maupun di luar Jawa. Baik mesin-mesin partai dari Partai Nasdem, PKB maupun PKS.

Untuk potensi suara di luar Jawa, ia menerangkan, pasangan Anies dan Muhaimin memiliki banyak ceruk suara. Misalnya, mereka memiliki potensi yang besar di Papua yang bisa dilihat dari hasil Pemilu 2019 lalu.

Aboe menekankan, penggabungan suara antara PKB dan Partai Nasdem sangat besar, bahkan berada di peringkat pertama untuk wilayah Papua. Gabungan PKB dan Nasdem menjadikan keduanya menguasai 41,68 persen suara Papua.

"Partai Nasdem memperoleh 544,8 ribu suara dan PKB 267,2 ribu suara," kata Aboe, Ahad (22/10/2023).

Aboe menyatakan, Badan Pekerja Anies-Muhaimin sudah membagi-bagi tugas untuk strategi pemenangan pasangan Amin. Ada kelompok pemilih yang digarap oleh partai dan ada pula yang digarap oleh relawan-relawan.

Jadi, fokus pergerakan Amin tidak lain menguatkan loyalis-loyalis yang sudah jelas memilih. Kemudian, mereka akan mengarahkan pemilih-pemilih yang masih bisa berganti dukungan (swing) agar bergeser memilih Amin.

Terkait itu, ia mengungkapkan, memang akan ada tokoh-tokoh yang nantinya akan difungsikan dalam rangka menggaet swing voters. Nanti, mereka akan difungsikan menggarap wilayah-wilayah non-basis partai koalisi Amin.

"Misal, di relawan ada La Ode Ida, Robert Keytimu, Syahganda Nainggolan, Jumhur Hidayat dan lain sebagainya. Banyak nama-nama yang akan membantu kita untuk menjadi vote getter-nya pasangan Amin," ujar Aboe.

Untuk menggaet suara generasi muda, khususnya Milenial dan Gen Z, Aboe menambahkan, Amin dan relawan telah menyiapkan tokoh-tokoh dan strategi khusus. Ada pula simpul-simpul relawan kepemudaan yang memperjuangkan.

"Dari PKS ada dr Gamal Albinsaid yang akan menggarap kalangan Milenial dan Gen Z. Ada program yang dibawa yaitu Pemuda Pahlawan Demokrasi dan mengajak generasi muda untuk berperan aktif dalam Pemilu 2024 nanti," kata Aboe. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement