Ahad 22 Oct 2023 00:08 WIB

Mengapa Golkar Bersikukuh Dorong Gibran? Ini Analisis Pengamat

Golkar secara resmi telah mengajukan kader PDIP Gibran sebaga cawapres Prabowo.

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka usai menerima hasil Rapimnas II Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10/2023). Rapimnas II Partai Golkar tersebut mengusulkan pasangan Bakal calon Presiden dan Wakil presiden pada pilpres 2024 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
Foto:

"Sudah lama sekali Golkar tidak mengusung kader sendiri sebagai capres maupun cawapres. Padahal ini partai besar dan sudah punya pengalaman panjang," kata Najmuddin, kepada Republika.co.id, Sabtu (21/10/2023).

 Golkar hari ini mendeklarasikan nama kader PDIP yang merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto. Sebelumnya Golkar juga sudah memastikan mendukung Prabowo sebagai capres. Di mana diketahui Prabowo adalah ketua umum Partai Gerindra.

Najmuddin mengingat terakhir kali kader Golkar maju di Pilpres adalah pada Pemilu 2009 lalu saat mencalonkan Jusuf Kalla sebagai capres. Kala itu JK berpasangan dengan Ketua Umum Hanura, Wiranto.

Setelah itu di Pemilu 2014, Golkar yang diketuai Aburizal Bakrie gagal mengusung kader internal Golkar sebagai capres. Mereka mendukung Prabowo yang kala itu berpasangan dengan Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa.

Setelah itu Pemilu 2019, Golkar masuk ke dalam barisan pengusung Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Jokowi adalah kader PDIP dan Ma'ruf adalah representasi dari ulama dan ormas Nahdlatul Ulama.

 

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement