Kamis 19 Oct 2023 13:03 WIB

Daftar ke KPU Pakai Kemeja Putih 2019, Mahfud MD: Ada Pesan Tuhan

Mahfud MD ingin berjuang mencapai NKRI bersatu berdaulat.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyapa ribuan pendukungnya yang berkumpul di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).
Foto: Dok TPN GP
Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyapa ribuan pendukungnya yang berkumpul di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyapa ribuan pendukungnya yang berkumpul di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023) siang WIB. Mahfud mengaku, mengenakan kemeja putih, yang sama dikenakannya saat menjelang pengumuman cawapres pada 2019.

Kala itu, Mahfud akan digandeng Joko Widodo (Jokowi). Namun, Mahfud akhirnya batal terpilih sebagai cawapres. Sebagai penggantinya, Jokowi berkat restu partai koalisi menggandeng Ketua MUI KH Ma'ruf Amin.

Baca Juga

"Keberangkatan pribadi saya hari ini saya memakai baju putih yang lima tahun lalu saya siapkan untuk mendaftar ke KPU. Ada pesan Tuhan di baju ini, ditunda dulu untuk dipakai ke KPU dan hari ini bisa dipakai untuk mendaftar," ujar Mahfud di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis.

Di hadapan ribuan pendukung yang siap mengantar ke KPU, eks ketua MK tersebut menyinggung tiga pesan utama dalam teks proklamasi kemerdekaan yang dibacakan oleh Sukarno. Salah satunya adalah kemerdekaan yang bermartabat.

 

"Artinya kita kan terus berjuang mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia, bersatu berdaulat," ujar Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) tersebut.

Mahfud telah resmi dideklarasikan sebagai bakal cawapres dari Ganjar Pranowo. Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku, optimistis pasangan tersebut dapat menang dalam satu putaran Pilpres 2024.

"Kita lihat nanti, tapi optimis bahwa bisa dengan tiga calon ini kan kita harus realistis ada kemungkinan dua putaran. Tapi kita optimis insya Allah bisa satu putaran," ujar Puan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Sementara itu, pasangan Ganjar-Mahfud menyapa ribuan pendukungnya yang berkumpul di Tugu Proklamasi. Mereka ke lokasi tersebut, sebelum mendaftar ke KPU, didampingi oleh para ketua umum partai politik pengusungnya.

Perjuangkan nasib rakyat...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement