Kamis 19 Oct 2023 08:53 WIB

Iring-iringan Mobil Jeep, Relawan, Pendukung, Antarkan Anies-Muhaimin Mendaftar ke KPU

Keduanya pun tiba di KPU sekitar pukul 08.37 WIB.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus raharjo
Bakal pasangan calon presiden Anies Baswedan dan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar diarak oleh para pendukung dan relawannya bergerak menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (19/10/2023).
Foto: fauziah mursid/ republika
Bakal pasangan calon presiden Anies Baswedan dan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar diarak oleh para pendukung dan relawannya bergerak menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (19/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bakal pasangan calon presiden Anies Baswedan dan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar diarak oleh para pendukung dan relawannya bergerak menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (19/10/2023). Anies-Muhaimin yang kompak mengenakan setelan kemeja putih dan celana hitam ini bergerak ke KPU dengan iring-iringan mobil jeep terbuka.

Berdasarkan pengamatan Republika.co.id, arak-arakan ini dimulai dari Kantor DPP Nasdem, Jakarta, yang menjadi titik awal parade relawan maupun pendukungnya sekitar pukul 08.25 WIB. Di tempat ini, Kantor DPP terakhir yang dikunjungi keduanya setelah sowan ke DPP PKS dan DPP PKB sebelum mendaftar ke KPU.

Baca Juga

Anies-Muhaimin naik satu mobil jeep terbuka nomor 1 dengan plat nomor B 8165 HH bersama. Kemudian Surya Paloh bersama pimpinan partai koalisi lainnya menaiki mobil jeep terbuka nomor 2 dengan nomor polisi F 1658 AH. Ada empat mobil jeep putih terbuka yang telah dimodifikasi dengan tulisan Koalisi Perubahan, Anies-Muhaimin AMIN Aja Dulu diiringi mobil iring-iringan lainnya.

Saat memberikan sambutannya di Kantor DPP Nasdem, Anies mengatakan Koalisi Perubahan akan memasuki babak baru usai melakukan pendaftaran ke KPU siang ini. Sejak dideklarasikan pada 3 Oktober 2022 lalu, Anies menyebut ia dan partai koalisi telah melalui liku-liku perjalanan dan tantangan luar biasa.

 

Namun demikian, tantangan ini menurut Anies tidak sebanding dengan harapan perubahan yang digantungkan masyarakat kepada Koalisi Perubahan.

"Insya Allah ini jadi pelajaran dan hikmah dan Indonesia ke depan, Indonesia politiknya dipercaya, insya Allah kapal ini dengan layar terkembang akan berangkat menuju Indonesia yang lebih adil, menuju Indonesia yang lebih makmur dan menuju Indonesia yamg lebih menyerahterakan," ujar Anies.

"Liku-liku perjalanan luar biasa sejarawan akan mencatat. Insya Allah perjalanan panjang yg telah kita lewati hari ini masuk babak baru yang insya Allah akan membawa kebaikan," ujarnya menambahkan.

Usai arak-arakan melalui sejumlah rute mulai Teuku Umar hingga Jalan Imam Bonjol Kantor KPU. Keduanya pun tiba di KPU sekitar pukul 08.37 WIB. Usai menyerahkan berkas pendaftaran, pasangan ini juga rencananya akan menggelar orasi kebangsaan di depan KPU bersama relawan dan pendukungnya.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar diusung oleh Partai Nasdem yang punya 10,26 persen kursi di DPR, PKB dengan 10,09 persen kursi, dan PKS dengan 8,7 persen kursi. Gabungan tiga partai politik tersebut punya 29,05 persen kursi DPR sehingga telah melampaui syarat ambang batas pencalonan presiden, yakni 20 persen kursi DPR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement