Kamis 19 Oct 2023 08:45 WIB

Tertarik Berkarier di Bidang Data Science? Ini Kisaran Gajinya

Karier di bidang 'data science' sangat luas dan memiliki gaji yang cukup tinggi.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) membuka prodi Sains Data untuk kamu yang tertarik dan punya cita-cita berkarier di bidang data science.
Foto: Dok. UNM
Universitas Nusa Mandiri (UNM) membuka prodi Sains Data untuk kamu yang tertarik dan punya cita-cita berkarier di bidang data science.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Punya keahlian yang tepat, peluang karier bidang data science sangat luas dan gaji yang tinggi merupakan salah satu daya tarik utamanya. Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadir dengan berbagai keunggulan program studi (prodi) yang mengedepankan Teknologi Informasi (TI) untuk mejawab tantangan masa depan. UNM membuka prodi Sains Data untuk kamu yang tertarik dan punya cita-cita berkarier di bidang data science.

Tati Mardiana selaku ketua prodi Sains Data menjelaskan bahwa sains data menggabungkan beberapa ilmu pengetahuan seperti ilmu komputer, matematika, dan statistik untuk menggali wawasan dari data-data besar (Big Data) dan menerapkan pengetahuan tersebut dalam berbagai bidang aplikasi untuk memecahkan masalah.

Baca Juga

“Prospek karier lulusan prodi Sains Data banyak sekali dicari IDUKA (Industri dan Dunia Kerja),” ungkapnya, dalam rilis yang diterima, Kamis (19/10/2023).

Berikut profesi di bidang data science beserta perkiraan gaji rata-rata per bulan berdasarkan Future of Jobs Report 2020.

1. Data Scientist

Data scientists mengeksplorasi data untuk mendapatkan wawasan bisnis, mengembangkan model prediktif, dan memecahkan masalah kompleks menggunakan algoritma dan analisis statistik. Gaji Rata-rata mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 30 juta per bulan, tergantung pada pengalaman dan kualifikasi. 

 

2. Data Analyst

Data analysts menganalisis data untuk mengidentifikasi tren, menyusun laporan, dan memberikan rekomendasi berdasarkan temuan mereka kepada manajemen. Gaji Rata-rata mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 30 juta per bulan, tergantung pada pengalaman dan kualifikasi. 

 

3. Machine Learning Engineer

Machine learning engineers merancang dan mengembangkan algoritma machine learning, membangun model, dan mengimplementasikannya ke dalam produk atau sistem. Gaji Rata-rata mulai dari Rp 15 juta hingga Rp 35 juta per bulan, tergantung pada pengalaman dan kualifikasi. 

 

4. Big Data Engineer

Big data engineers mengelola dan mengoptimalkan infrastruktur data untuk menangani volume data besar dan memastikan data dapat diakses dan dianalisis dengan efisien. Gaji Rata-rata mulai dari Rp 15 juta hingga Rp 30 juta per bulan, tergantung pada pengalaman dan kualifikasi. 

 

5. Data Engineer

Data engineers membangun dan menjaga sistem infrastruktur data, memastikan data tersedia, dapat diakses, dan bersih untuk analisis. Gaji Rata-rata mulai dari Rp 8 juta hingga Rp 25 juta per bulan, tergantung pada pengalaman dan kualifikasi. 

 

6. Business Intelligence (BI) Developer

BI developers merancang, mengembangkan dan memelihara solusi BI seperti dashboard dan laporan untuk membantu organisasi membuat keputusan berbasis data. Gaji Rata-rata mulai dari Rp 8 juta hingga Rp 25 juta per bulan, tergantung pada pengalaman dan kualifikasi. 

“Sangat menggiurkan bukan?? Ayo kejar mimpi dan raih peluang masa depan dengan kuliah di UNM prodi Sains Data. Untuk info lebih lanjut silahkan teman-teman cek info di laman https://nusamandiri.info/pmb/,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement