Jumat 13 Oct 2023 19:25 WIB

Mahasiswi Bercadar Dibully Sekelompok Mahasiswa di UIN Jambi, Islamofobia?

Seorang mahasiswi bercadar, Cintria, dibully sekelompok mahasiswa di UIN Jambi.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Muslimah bercadar (ilustrasi). Seorang mahasiswi bercadar, Cintria dibully sekelompok mahasiswa di UIN Jambi.
Foto: Youtube
Muslimah bercadar (ilustrasi). Seorang mahasiswi bercadar, Cintria dibully sekelompok mahasiswa di UIN Jambi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Seorang mahasiswi yang memakai cadar atau niqab menjadi sasaran bullying oleh sejumlah mahasiswa. Kejadian ini viral di sosial media karena mahasiswi yang menjadi objek bullying tersebut merekam video kejadian yang dialaminya.

Mahasiswi yang menjadi korban diketahui bernama Cintria yang berkuliah di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Syaifuddin Jambi.

Baca Juga

Pantauan Republika di dalam video yang tersebar di TikTok, Cintria diganggu sejumlah mahasiswa laki-laki saat hendak turun dengan lift. Sejumlah mahasiswa tersebut berulang kali menekan tombol luar lift sehingga lift yang dinaiki Cintria tidak kunjung turun.

Mahasiswa tersebut baru berhenti menggoda Cintria ketika ada mahasiswa lain yang menegur dan merasa terganggu. "Sudahlah," ucap mahasiswi satu lagi yang terlihat mengenakan jilbab cokelat.

Cintria sendiri telah membuat video klatifikasi terkait kejadian yang menimpanya. Menurut Cintria, pihak kampus sudah mempertemukan dirinya dengan pelaku bully.

"Nama saya Cintria, mahasiswa Fakultas Tarbiyah Keguruan Prodi Tadris Bahasa Inggris. Melalui video ini saya mengklarifikasi bahwa pagi ini, saya telah dipertemukan dengan pelaku dan pihak UIN telah memberikan sanksi kepada pelaku," kata Cintria, dikutip Jumat (13/10/2023).

Cintria menyebut sanksi yang diberikan kepada pihak kampus kepada pelaku berupa surat teguran dan peringatan.

"Begitu juga dengan saya, telah membuat pernyataan bersalah karena memviralkan video tersebut. Saya harap permasalahan ini selesai sampai di sini dengan tidak ada rasa dendam dan sikap egois, baik dari diri saya maupun pelaku," ujar Citria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement