Jumat 13 Oct 2023 01:47 WIB

SPIN: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Erick Thohir Cawapres Terkuat

Elektabilitas Prabowo masih yang tertinggi berdasarkan survei SPIN

Direktur Survey & Polling Indonesai (SPIN) Igor Dirgantara
Foto: Republika/Prayogi
Direktur Survey & Polling Indonesai (SPIN) Igor Dirgantara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei dan Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden dan cawapres. Berdasarkan hasil survei, Prabowo Subianto masih menjadi Capres dengan elektabilitas tertinggi, sementara Erick Thohir menjadi Cawapres dengan elektabilitas terkuat.

Dalam surveinya, responden ditanya seandainya pemilihan presiden dan wakil presiden dilaksanakan hari ini siapakah calon yang dipilih. Berdasarkan hasil survei sebanyak 34,6 persen menjawab akan memilih Prabowo Subianto. Sementara elektabiltas dua capres lainnya yakni Ganjar Pranowo berada di angka 24,8 persen dan Anies berada diangka 18,5 persen. 

Baca Juga

Sedangkan elektabilitas Erick Thohir yang disebut berpeluang besar menjadi Cawapres berada di urutan keempat dengan 4,1 persen. Elektabilitas Erick Thohir mengungguli Ridwan Kamil dan AHY serta beberapa nama lain.

Elektabilitas Prabowo juga menjadi yang tertinggi saat calon hanya dibatasi menjadi tiga orang. Berdasarkan hasil survei, Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 39,9 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo elektabilitasnya berada diangka 31,1 persen dan Anies Baswedan sebesar 21,7 persen. Sedangkan 7,3 responden belum menentukan pilihan.

Dalam surveinya, SPIN juga melakukan metode head to head antara kandidat Calon Presiden Prabowo Subianto vs Anies Baswedan. Hasilnya, Prabowo melawan Anies hasilnya lebih tinggi Prabowo raih 56,7 persen melampaui Anies 30,8 persen.

"Begitu juga kalau Prabowo melawan Anies lebih tinggi lagi Prabowo meraihnya 56,7 persen, 30,8 persen-nya memilih Anies Baswedan. Sementara, yang bum menentukan pilihan sebanyak 12,5 persen," jelas Igor melalui Virtual Zoom, Kamis (12/10).

Prabowo juga unggul saat head to head dengan Ganjar Pranowo. Prabowo meraih 50,9 persen sedangkan Ganjar meraih 38 persen, dan 11,1 persen tidak menjawab.

Dalam survei yang dilakukan SPIN juga menunjukan mayoritas responden menilai Erick Thohir berpeluang paling kuat menjadi bakal calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Direktur SPIN Igor Dirgantara menyebut Erick Thohir mendapatkan mayoritas suara responden yaitu sebanyak 25,7 persen dari total 1.230 responden. 

"Dari enam bakal cawapres untuk Prabowo yang dimunculkan dalam survei ini; Erick Thohir, Gibran Rakabuming, dan Ridwan Kamil adalah tiga bakal cawapres yang dipilih publik (responden) untuk mendampingi Prabowo," kata Igor dalam paparannya.

Dalam survei itu, Gibran Rakabuming Raka memperoleh 23,1 persen; Ridwan Kamil 19,1 persen; Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 8,2 persen; Khofifah Indar Parawansa 7 persen; dan Airlangga Hartarto 3,3 persen. Sementara itu, 13,6 persen responden memilih untuk tidak menjawab.

Survei yang dilakukan SPIN pada 29 September hingga 7 Oktober 2023 melibatkan sejumlah 1230 responden yang tersebar secara proporsional di 34 Provinsi di Seluruh Indonesia.

Kemudian, Metode Pengambilan Data yang menggunakan Multistage Random Sampling dengan Margin of Error kurang lebih 2,8 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement