Rabu 11 Oct 2023 20:33 WIB

Ini Angka Elektabilitas Prabowo, Ganjar, Anies di Jatim Menurut Survei Terbaru Poltracking

Survei elektabilitas capres untuk wilayah Jatim digelar Poltracking akhir September.

Rep: Fauziah Mursid, M Nursyamsi/ Red: Andri Saubani
Bakal calon Presiden Prabowo Subianto (Kiri), Anies Baswedan (Tengah), Ganjar Pranowo (Kanan).
Foto:

Untuk figur cawapres, surveiPoltracking Indonesia khusus untuk daerah pemilihan Jatim menunjukkan hasil, Menteri BUMN Erick Thohir menjadi pilihan teratas warga di provinsi itu, baik di kawasan Tapal Kuda, Madura, Arek, Mataraman, hingga ke Pantura. Dalam survei tersebut, sebanyak 19,8 persen responden memilih Erick sebagai sosok yang tepat menjadi Cawapres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sementara figur Cawapres lainnya yang muncul adalah  Mahfud MD (15,2 persen); Muhaimin Iskandar (14,7 persen); dan Khofifah Indar Parawansa (13,7 persen). Ini merupakan hasil survei atas simulasi 11 nama cawapres.

Berbeda dengan ketiga figur lainnya itu, jarak keterpilihan Erick terhadap sosok Mahfud MD mencapai 4,6 persen sehingga melampaui Margin of Error survei yang mencapai 3,1 persen. 

“Angka-angka ini (selisih elektoral antara Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, dan Khofifah Indar Parawansa) di bawah Margin. Kecuali Erick Thohir. Mahfud MD disebut ada di poros Ganjar, dan Khofifah ada di Poros Ganjar dan Prabowo Subianto, namun masih di bawah Margin of Error, artinya masih ketat,” ujar Arya Budi.

Lebih lanjut, nama Erick juga tetap menjadi pilihan teratas warga Jawa Timur dalam simulasi 10 nama. Berbeda dengan simulasi 11 nama, dalam simulasi 10 nama ini tidak dimunculkan nama Gibran Rakabuming Raka. Gibran belum dapat diikutkan sebagai cawapres karena terhambat aturan usia. Namun, jalan untuk Gibran bisa terbuka jika Mahkamah Konstitusi mengubah aturan tersebut.

Dalam Simulasi 10 nama, Erick memperoleh suara 21,4 persen dari jumlah responden. Lalu Mahfud MD sebanyak 15,7 persen; Muhaimin Iskandar (14,8 persen); dan Khofifah Indar Parawansa (14,3).

photo
Para bakal capres mulai mengumbar janji politiknya. - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement