Selasa 10 Oct 2023 17:47 WIB

Sekawanan Monyet Liar 'Serbu' Permukiman Warga Depok

Sekawanan monyet liar kembali berkeliaran di permukiman warga di Sukmajaya Depok.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah monyet berkeliaran (ilustrasi). Sekawanan monyet liar kembali berkeliaran di permukiman warga di Sukmajaya Depok.
Foto: Antara/Fauzan
Sejumlah monyet berkeliaran (ilustrasi). Sekawanan monyet liar kembali berkeliaran di permukiman warga di Sukmajaya Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Hewan monyet liar kembali terpantau berkeliaran di permukiman warga di Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (10/10/2023). Kondisi ini terjadi setelah kejadian monyet masuk permukiman di Kelurahan Cipayung dan menimbulkan korban luka pada pekan lalu.

Warga RT 01/01, Kelurahan Mekarjaya, Sarmili mengaku telah melihat kejadian monyet liar yang berkeliaran di lingkungannya sejak seminggu lalu. Hewan itu biasanya datang setiap pagi yang asalnya belum diketahui.

Baca Juga

"Sudah berkeliaran sejak sepekan lalu, monyet itu datang setiap pagi," jelas Sarmili, Selasa (10/10/2023)

Sarmili mengatakan sangat khawatir dengan keberadaan monyet liar di lingkungan rumahnya. Hal ini lantaran beberapa kejadian masuknya monyet liar di permukiman warga Depok telah mengakibatkan korban.

"Sangat mengkhawatirkan, kan banyak anak kecil di sini, takutnya nanti malah nyerang anak-anak," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok telah mengevakuasi monyet liar yang muncul di Jalan Menteng RT 04/04 Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung pada Sabtu (7/10/2023). Dalam kejadian tersebut, terdapat satu korban mengalami luka dan sudah dibawa ke rumah sakit. Korban disebut mendapat 10 jahitan akibat serangan monyet.

"Alhamdulillah monyet tersebut sudah dievakuasi tim kami sebanyak 10 orang dan dibawa ke UPT Cipayung," jelas Kepala Seksi Penyelamatan Kebakaran, Damkar Depok, Tesy Haryati.

Dia kemudian mengimbau warga untuk waspada jika menemukan hewan liar masuk ke permukiman. Warga diminta untuk tidak sembarang mengusir hewan liar jika tidak memiliki keahlian khusus.

"Jika ada hewan liar masuk pemukiman jangan diusir sendiri, segera menghubungi pihak Damkar Kota Depok untuk evakuasi hewan tersebut," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement