Jumat 06 Oct 2023 20:48 WIB

Dulu Sempat Tolak, Kades Sangrawayang Kini Sampaikan Terima kasih ke Pandawara

Kades Sangrawayang menyebut alat berat sampai turun karena ada aksi bersih-bersih.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pandawara Grup dan tim gabungan TNI-Polri serta relawan akhirnya melakukan aksi bersih-bersih barengan di Pantai Cibutun, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi di hari ketiga gerakan bebersih, Jumat (6/10/2023).
Foto: Republika/ Riga Nurul Iman
Pandawara Grup dan tim gabungan TNI-Polri serta relawan akhirnya melakukan aksi bersih-bersih barengan di Pantai Cibutun, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi di hari ketiga gerakan bebersih, Jumat (6/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Aksi bersih-bersih yang digelar warga bareng petugas gabungan dan Pandawara Grup di Pantai Cibutun, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi pada hari ketiga berjalan lancar, Jumat (6/10/2023). Bahkan tim Pandawara Grup bersama aparat Desa Sangrawayang dan Karangtaruna Simpenan ikut sama-sama berjibaku membersihkan sampah di pantai.

"Pandawara grup mulai turun tanggal 6 Oktober 2023 dan banyak masyarakat lainnya bersama-sama membersihkan sampah," kata Kepala Desa Sangrawayang, Simpenan, Muhtar kepada wartawan disela-sela aksi bersih pantai. Sehingga pada hari ketika gabung Pandawara Grup yang sebelumnya menjanjikan aksi bersih pada 6-7 Oktober.

Muhtar menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pandawara Grup sudah ikut membantu. Bahkan karena adanya informasi aksi bersih pantai ini ada bantuan alat berat.

Menurut Muhtar, sebelumnya masyarakat Sangarawayang ikut bersih-bersih dengan cara manual. "Kalau manual terus tidak bisa selesai harus membutuhkan alat berat karena sampah sudah tertimbun lama dan tidak bisa secara manual," jelasnya.

 

Sebelumnya sempat viral Kepala Desa Sangrawayang menolak kehadiran Pandawara Group. Alasannya karena aparat desa tidak dilibatkan dalam aktivitas bersih-bersih sampah di wilayahnya yang akan dilakukan Pandawara Group tersebut. Seharusnya sejak awal transparan atau terbuka kepada pemerintahan desa terkait rencana itu.

Sementara Gilang perwakilan Pandawara mengatakan hari ini yang turun seperti biasa berlima bersama kru. Hanya saja untuk total keseluruhan belum terhitung secara detail.

Menurut dia, aksi bersih-bersih Pandawara sama dengan relawan lainnya menggunakan cara manual yakni tangan dan glove serta karung yang disediakan aparat setempat. Ia memperkirakan puluhan ton sampah yang terkumpul dalam sehari.

Pandawara terang Gilang, akan terus bergerak membantu alam mendapatkan haknya. "Tidak akan berhenti dan bergerak ke titik lainnya," jelasnya.

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede mengatakan, hari ketiga aksi bersih-bersih ini dalam rangka karya bakti di HUT TNI ke-78. "Istimewanya, selain forkopimda, hadir Pandawara Grup," katanya.

Maruly mengatakan, secara pribadi mengapresiasi aksi Pandawara Grup. Tujuannya mengedukasi masyarakat agar bersih-bersih pantai

Harapannya kata Maruly, kegiatan ini tetap konsisten menjaga kebersihan lingkunga. Khususnya agar Pantai Cibutun-Loji bersih dan terus terjaga kebersihannya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement