Kamis 05 Oct 2023 13:31 WIB

Laksamana Yudo Pensiun November 2023, Jokowi: Pergantian Panglima Masih Proses

Sempat muncul wacana perpanjangan masa jabatan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi saat memimpin upacara peringatan HUT ke-78 TNI di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).
Foto:

Jokowi berpesan kepada jajaran TNI perlunya skala prioritas dalam penggunaan anggaran untuk belanja alat utama sistem senjata (alutsista). Menurut dia, modernisasi alutsista memang penting, namun harus mendahulukan belanja prioritas yang lebih penting.

"Iya. Mesti ada skala prioritas. Alutsista itu penting tetapi dilihat apakah ada yang lebih penting. Apakah kita akan perang jadi didahulukan yang mana, yang skala prioritas yang mana," kata Jokowi di Lapangan Monas, Kamis.

Jokowi menilai, kualitas alutsista TNI saat ini, sudah sangat lengkap serta menunjukan kekuatan keamanan Indonesia. Meski demikian, Jokowi mengakui, masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan.

"Ditampilkan tadi sudah sangat komplit lah meski itu baru sebagian kecil tapi sudah menunjukkan kurang lebih kekuatan kita seperti apa. Memang masih banyak yang perlu kita perbaiki, perlu kita evaluasi tapi secara umum saya kira bagus," jelasnya.

Dalam amanatnya di HUT ke-78 TNI, Jokowi meminta pemerintah bijak dalam membelanjakan anggaran untuk penyediaan alutsista. Dia mengatakan, modernisasi alutsista memang sangat diperlukan.

Namun, kondisi keuangan negara dan anggaran negara saat ini masih sangat terbatas. "APBN kita sangat terbatas dan untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat sangatlah besar. Sehingga belanja alutsista harus dilakukan bijak, baik caranya maupun peruntukannya," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement